Trimakasih sdr Ardian utk keterangan nya, seingat saya emang pernah di
bahas oleh Xuan Tong,tetapi saya cari2 di website budayationghoa.org
gak bisa ketemu tulisan  nya.
Dgn penjelasan yg anda berikan, adanya gerakan2 utk membantu pelatihan
pernapasan, apakah Tai-Chi(mungkin yg benar Tai Qi?) juga salah satu
bentuk pelatihan Qigong juga??? dengan gerakan2 yg membantu perjalanan
Qi menurut meridian tubuh??
Memang yg saya kenal hanya Zhen Qi yg statis, tingkat awal di Yayasan
Zhen Qi, tapi koq kayaknya terlalu gampang hanya di perlukan [EMAIL PROTECTED]
jam
utk membuka hubungan Du dan Ren?? Hal ini yg meragukan apakah
pelatihan ini cukup baik utk di pelajari,sedang di buku2 suka dibilang
diperlukan ber tahun2 latihan utk bisa menghubungkan Du dan Ren ini.

Sekali lagi terimakasih........

rgds. rc