From: "skala selaras" <[EMAIL PROTECTED]>
> Jika ingin mencari berita dunia yang lebih terpercaya, orang pasti lebih
> memilih BBC dibandingkan Suara Amerika. Jika ingin meneropong masalah Di
> RRC, kita lebih bisa mengandalkan Ming Bao dari Hongkong dibandingkan Harian
> Rakyat dari Beijing. Mengapa? karena kita semua tahu, Suara Amerika dan
> Harian Rakyat sarat dengan ideologi!!!
**************
Well, tergantung gimana cara memperlakukan media. VOA, Xinhua, BBC,
dan di Indonesia RRI dan Kantor Berita Antara. Sudah tentu kita tidak
menganggap siaran RRI atau berita Antara itu kebenaran muklak, apalagi
sarat dengan muatan kepentingan politis. Tapi gimana juga, ya menarik untuk
disimak, dan tidak seluruhnya berisi kebohongan. Demikian juga BBC, Xinhua,
VOA (banyak lho, intelektual Indonesia yang bekerja di VOA, dan setahu
saya mereka kritis).

Sikap kritis diperlukan. Cuma, dengan langsung menganggap suatu berita
fiksi, itu tidak berbeda jauh dengan percaya membabi buta pada suatu sumber
berita. Itu tergantung pengamat berdiri di sebelah mana saja, kalau pihak sono
bukan satu aliran dengan pihak pengamat, tidak percaya 100%, kalau pihak
sono sama  dengan pihak pengamat, langsung percaya. Itu sebenarnya sikap
fanatik.

From: "skala selaras" <[EMAIL PROTECTED]>
Sebuah media yang besar belum tentu bisa dipercaya!!! kita semua tahu,
banyak tangan kotor yang bersembunyi dibalik sebuah media. contohnya, ada
kepentingan kapitalis Yahudi dibalik beberapa media besar di Amerika,
seperti Washington Post dan Newyork time.
*****************
Well, akhirnya semua kembali ke konspirasi Yahudi menguasai dunia. :)
Soal pihak di belakang media, ya pasti ada. Namanya juga manusia, bukan
robot, pasti ada redaksinya. Dan redaksi pasti punya idealismenya tersendiri,
pasti ada rekan2nya, pasti ada koneksinya. Apa sih di dunia ini yang bekerja
seperti Google? Bahkan Google pun memilih yang dia ingin tampilkan dengan
algoritma tertentu.

Adalah wajar suatu media berafiliasi. Cuma ada yang lebih bersikap kritis,
ada yang memang lebih kentara membela satu pihak. Noam Chomsky yang
merupakan pengeritik New York Times kelas berat (sampai bikin buku ttg
itu), terus membaca NYT :) Kenapa? Karena beritanya bermutu, dan dia
merasa mampu memilah apa yang dia baca.

From: "skala selaras" <[EMAIL PROTECTED]>
Anda barusan menyebut Kompas, saya sudah beberapa kali menemukan kebohongan
mereka dalam mengemukaan fakta. Tapi, karena dia sudah demikian besar,
orang biasanya menelan mentah2 saja.
************
Tidak juga, umumnya orang tidak menelan mentah2 sih, tergantung orangnya.
Tetapi apakah bisa dikatakan jika suatu berita dari Kompas, langsung serta
merta dibilang : f i k s i ?

Sebuah koran yang berisi fiksi belaka, ya bukan koran, dan pasti akan
ditinggalkan oleh public, kecuali semua individu dalam masyarakat begitu
idiot untuk diceritain cerita fiksi melulu dan percaya, dan terus berlangganan.

Umumnya sih, berita okay, terkadang bisa ada yang tidak benar. Dan ketidak
benaran itu bisa diketahui kalau ada yang mengetahui counter-fact, yaitu apa
yang terjadi sebenarnya. Tetapi kita tidak bisa bilang, hanya karena beritanya
bersumber dari Kompas, lalu langsung mengecap bahwa itu fiksi. Bersikap kritis
okay, tetapi sikap kritis bukan berarti langsung menjudge sesuatu itu fiktif
tanpa dasar ataupun counter-fact. Jestru langsung mencap begitu itu sikap
non-kritis, tetapi sikap sektarian.