----- Original Message -----
From: RM Danardono HADINOTO
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 04 April, 2006 21:24
Subject: 15 juta! (Re: [budaya_tionghua] Partai Demokrat Targetkan 15 Juta
Suara dari WNI Keturunan)

> Akhmad heng, justeru yang menarik dalam masalah ini,
> ialah bagaimana saudara-saudara Tionghoa yang
> merupakan 7 % dari seluruh populasi menyalurkan suaranya,
> dalam ikut aktif membentuk masyarakat Civil Society
> di mana seluruh masyarakat Tionghoa hidup partisipatif
> tanpa diskriminasi.

-----------------------------------

Oh, itu so pasti!. Mau 10%, 7%, 3%, bahkan 1% pun, yang Nano-heng dambakan itu
harus diupayakan terwujudnya.
Tetapi, seperti Nano-heng sebagai bankir ketahui, segala upaya kan bermula dari
perencanaan, dan segala perencanaan berpangkal pada data.

Angka yang berbeda menimbulkan profil demografi yang kemungkinan besar akan
berbeda pula, yang berarti karakteristik budaya yang berbeda, sehingga
memerlukan pendekatan masalah yang berbeda.
Kang-heng menyebut angka 4%.
Seingat saya, ketika penduduk RI sekitar 100 juta, katanya warga Tionghoa 3
juta, jadi kira-kira 3 %.
Sekarang Partai Demokrat perkirakan 7%.
Padahal beda 1% saja, tapi dari 200-an juta, itu jumlah yang besar lho... sudah
sebesar Singapura sendiri!

Wasalam.