From: "Erik" <[EMAIL PROTECTED]>
> Heran dan anehnya adalah bung Shinjai sendiri mengakui bahwa "Berpolitik
> Praktis" itu tidak berarti buruk/jelek atau negatif. Namun kenapa dia
> mati-matian menyangkal bahwa kelompok Falun Gong tidak melakukan
> kegiatan politik praktis??
************
:Iya, dalam negara demokratis, memang politik praktis itu biasa2 saja,
wong orang masuk dalam politik. Tetapi itu tidak berarti lalu FLG
bisa dikatakan berpolitik praktis.

From: "Erik" <[EMAIL PROTECTED]>
Kalo anda katakan anda tidak mencari-cari rasionalisasi, berarti ada apa
pada diri anda??
*****************
Kenapa kalau menyatakan FLG tidak berpolitik praktis berarti ada
masalah pada diri seseorang?

Gitu sebenarnya bung Erik.. Selama saya mengikuti perkembangan
FLG ini, saya tidak melihat mereka layak untuk dinyatakan terlarang.
Saya tidak berminat pada ajaran metoda, ataupun cara mereka, tetapi
juga berpendapat, bahwa itu tidak layak dilarang. Biarkan segala
macam aliran asal tidak mempromosikan kekerasan, tumbuh.

Karena di China mereka dipersecution, dilarang, maka saya mengambil
sikap bersimpati pada mereka. Dan di milis ini, notabene bukan organ
partai komunis China, juga banyak yang mengambil sikap anti-FLG,
ya saya mencoba mengimbangi saja. Jangan di China FLG dipersecute,
di tempat lain juga dipersecute.

Ini bukannya saya anti partai komunis lho. Saya bersimpati pada
kelompok komunis Indonesia, karena merekalah yang dikejar2
selama Orba. Merekalah yang dibuang ke pulau Buru, merekalah
yang diburu2 dan dibunuh.

Selalu pikirkan diri sendiri, apakah jika kita diperlakukan seperti
itu adil?  Agama kepercayaan tionghoa juga dianggap remeh di Indonesia
selama Orba, walaupun tidak dipersecute seperti FLG di China,
tetap saja melahirkan perasaan bahwa diperlakukan tidak adil.

Jangan kita cuma mengeluh ketidakadilan yang terjadi pada diri
dan kelompok sendiri, tetapi tidak sensitif pada ketidakadilan
yang terjadi pada kelompok lain.

Bahkan pada orang yang pernah menganiaya kita sekalipun,
kalau suatu saat mereka kemudian terperangkap dan menjadi
korban ketidak-adilan, janganlah ikut merajam, tetapi mengulurkan
tangan membantu.