--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> saya berpendapat, Maxisme yang menjadi dasar Komunisme adalah
sebuah ideologi yang humanistis, tujuannya sangat luhur, berusaha
melepaskan manusia dari segala bentuk explotasi, teruama explotasi
ekonomi kapitalisme. untuk itu, dia mempromosikan bentuk masyarkat
komunis yang tanpa kelas. yang menjadi masalah adalah, bagaimana
caranya mewujudkan sistem masyarakat ideal tersebut.
> komunisme gagal bukan karena ajarannya jahat, yang menyebabkannya
terpuruk adalah karena mereke yang menjalankan ideologi tsb
menerapkan sistem Otoriter dan totalisme.
MJ :
setuju sama pendapat anda diatas ini. Seingat saya dulu ada seorang
pastor yang jadi dosen "Logika" dan "Filsafat" di univ.Parahyangan
jadi pengisi kolom tetap di KOmpas, nama MAW Brouwer yang juga
sangat mengagumi Marxisme.
Kalau seorang pastor saja berpikir ini adalah ajaran baik, tentunya
saya percaya 90% walaupun saya sendiri belum pernah membaca buku
tentang Marxisme ini, hanya tahu dikit2 dari baca di koran2 dan juga
dengar dikit2 dari beliau sendiri karena saya juga adalah mantan
muridnya.
Kalau yang lalu saya bilang Komunisme itu mengerikan, yang saya
maksud bukan ajarannya tapi penerapannya oleh Mao Tse Tung, Stalin,
dan lain2 negara komunis yang memang sudah dengan cara pemaksaan dan
kekerasan. Apalagi dihubungkan dengan falun gong ih, mengerikan
banget.

> di dunia sekarang, yang nampak menang adalah kapitalisme, ini
sungguh mengerikan, karena pada dasarnya ini adalah ideologi tanpa
nurani. demi uang, manusia boleh dikorbankan. coba lihat, demi
minyak, amerika tanpa segan menginvasi Irak. maka gerakan kembali ke
kiri pun mulai marak di amerika latin.
=================================
MJ :
USA itu sebenarnya tidak mengerikan. si Bush yang mengerikan. dia
juga banyak dibenci oleh rakyatnya sendiri. dari dulu saya kecewa
dia menang pemilu, sebab saya pengagum Al Gore (soale lebih ganteng
daripada si Bush hehehe... guyon...) Tapi ketika terjadi 9/11, saya
bersyukur si Bush yang menang tapi sekarang ketika harga bensin
sudah hampir $4.- pergalon dan dengar2 banyak hal2 mengerikan
tentang keuangan USA, betapa korup kelompoknya, saya jadi ikut2
benci juga sama si bush ini.

> juga boleh nengok RRT, secara ekonomi mereka sekarang menerapkan
> kapitalisme, ekonominya memang maju pesat, tapi ekses negatif
kapitalisme pun ikut menyertai, perbedaan kelas kembali mencuat,
mulai muncul golongan masyarakat yang terpinggirkan. apakah
kapitalisme ideoligi yang ideal?

> ZFy
MJ :
saya kok setuju2 saja sama kapitalisme di amrik. memang sulit buat
jadi kaya buat orang2 kelas menengah kebawah seperti saya ini. tidak
seperti di indonesia, yang tahun lalu masih kere bisa tiba2 tahun
ini jadi milyuner hanya karena ditemploki hoki dapat proyek satu
biji aja.

Di amrik, yang kelihatan luarnya itu, yang kaya sama yang miskin itu
enggak begitu jelas. (di indo, yang kere sama yang kaya itu jelas
banget).
99% orang bisa hidup kecukupan. yang enggak punya duit buat makan,
rumah, kedokter dll. pasti ditolong pemerintah.
yang penghasilannya gede memang diperas habis2an gajinya buat bayar
tax buat biayai yang miskin2 ini. memang menjengkelkan tapi ya sudah
relakan saja toh?
Kalo di cina karena tidak melihat sendiri jadi no komen aja.

bentuk komunis, bisa juga dalam bentuk kapitalis, Demokrasi, atau
dalam bentuk ajaran agama yang diselewengkan (lihat saja apa yg
terjadi di Poso, Ambon, dan kasus-kasus terorisme di Indonesia).

kasus- kasus HAM yg belum terselesaikan, misalnya saja pembantaian
orang- orang yang dituduh PKI, dalang kerusuhan Mei'98, kasus Munir,
kasus Ambon, kasus Poso.

dari pelanggaran HAM.
MJ :
memang ada pelanggaran ham di amrik tapi pasti dipengadilankan dan
dihukum. jadi apa masalahnya dengan ham di amrik? yang salah sudah
dihukum kok masih digugat saja? namanya manusia, semua juga sama
kan. kalo benci maunya nyakiti. kalo punya kuasa maunya se-wenang2.
yang penting kan hukum dijalankan apa enggak. Di amrik hukum
dijalankan. jadi tidak usah di-gugat2. coba bandingkan dengan negara
kita indonesia. hukumnya sangagt menjijikkan.