Wah, susah! sudah saya perjelas maksud saya sedemikian rupa, mengapa ada
yang tetap tidak bis menangkap inti masalahnya???

Saya jelskan sekali lagi:

Di Milis ini sudah jelas diberi rambu, tidak boleh memposting ajaran
agama!!! karena begitu menyangkut agama, diskusi pasti akan macet, karena
masalah keyakinan tdk mungkin diperdebatkan bukan?. kalau pun terjadi
diskusi seru, pasti ada satu pihak yang akan tersinggung, karena merasa
agamanya yang diserang. misalnya seorang katholik memposting tulisan yang
memuja Maria, pasti akan memancing sanggahan orang protestan.

cara yang paling baik untuk tumbuhkan rasa saling hormat antar umat
beragama adalah: menghindari diskusi ajaran agama!! untuk ini, janganlah
membuka front !

Sedangkan untuk menilai sebuah ajaran itu agama atau bukan,  memang sangat
relatif. tergantung dari sudut mana orang memandang! salah satu tolak
ukurnya adalah pihak yang memposting ajaran itu sendiri!

Misalnya saya yang memposting LUN YU, saya pasti tidak memandang ajaran
itu sebagai agama, sehingga tidak akan tersinggung atau merasa tabu
meskipun ada orang yang mengemukakan sisi negatif ajaran itu. ini sebuah
kemungkinan yang tak bisa dihindari, bukan ancaman!!! bagaimana dengan
anda, siapkah berlapang dada?

Untuk memperjelas posisi saya, saya tegaskan: saya pribadi mendukung
sepenuhnya Lan Yu diposting di milis ini, karena saya tidak memandangnya
sebagai agama!!!

ZFy