membaca  apa yang ditulis dan ditanyakan mang ucup dan jawaban sdr rinto, saya
merasa miris:dalam hati saya mencoba introspeksi dan mencoba mencari jawab
beberapa pertanyaan di bawah ini yang tentu saja saya tak bisa menemukan
jawabnya, dan heran juga kenapa saya tulis ini.

1. kenapa mang ucup harus menanyakan masalah ini? apakah karena mereka adalah
pelacur? apakah karena tie pa kay nya? atau karena ada tendensi yang lain?
apakah mang ucup merasa lebih suci dari para pelacur? apakah karena ini
dianggap sebagai penyimpangan? apakah mang ucup akan tetap bertanya kalau isi
beritanya adalah sesuatu yang biasa misalnya para pelajar pergi bersembahyang
supaya lulus ujian sma?

2. kenapa sdr rinto menjawab dengan mencoba netral? apakah karena tie pa kay
nya? atau karena hal yang lain?

3. kadang saya bertanya dalam hati, apakah melacurkan diri lebih tidak baik
dari orang yang melacurkan kepandaian, keyakinan, integritas atau ke-yang
lain-nya?

4. oh kenapa saya menulis ini, apa karena saya menganggap diri sendiri lebih?

  Mang Ucup menulis:

  Salam sejahtera untuk rekan-rekan dan para pembaca yang budiman
  Barusan saya membaca buku dimana disitu ditulis, bahwa wanita penjaja sex di
  Singapore maupun di Hong Kong berdoa kepada Tie Pa Kay. Kenapa Tie Pa Kay,
  karena ia melambangkan para cowok kaya yang hidung belang dengan harapan
  cowok-cowok model Tie Pa Kay inilah mau berdatangan untuk menjadi
  langganannya. Pertanyaan mang Ucup apakah dongeng ini benar atau hanya
  sekedar khayalan dari sang penulis saja ?

  Mohon petromaksnya dengan ucapan banyak terima kasih sebelumnya.
  Salam dgn soja rangkap tangan dua.

  Rinto Jiang:

  Mang Ucup,

  Lama tak jumpa di milis. Saya pribadi kurang tahu apakah fenomena ini
  benar ada di HK atau Singapura, namun saya sendiri tidak menepis
  kemungkinan ini. Ini dikarenakan adanya kebutuhan pegangan hidup atau
  spiritual dalam diri setiap orang di dunia ini. Sebenarnya, dalam
  kenyataannya, tentu saja Tie Patkay itu tidak pernah diakui sebagai dewa
  dalam kepercayaan tradisional Tionghoa. Lain dengan Sun Go Kong yang
  malah diberi gelar ini dan itu serta "ditahbiskan" sebagai dewa.
  Masalahnya, orang Tionghoa itu suka sekali mementingkan simbolisme, ini
  melambangkan itu dan itu melambangkan ini. Jadilah muncul penyimpangan2
  sebagai subkultur dari kultur yang dianggap sebagai main-stream dalam
  masyarakat. Tie Patkay dalam cerita Perjalanan ke Barat (See You Ki)
  memang ditampilkan sebagai seorang hidung belang, bodoh dan pemalas.

  Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ini mungkin saja
  ada. Tapi karena tidak pernah kita lihat, tentu saja jangan langsung
  percaya begitu saja. Contoh lainnya, di Taiwan ada seorang perampok bank
  yang setelah meninggal, makamnya malah dikunjungi dan diziarahi oleh
  para kriminal lainnya untuk meminta berkah. Mereka menganggap bahwa
  perampok tentu saja lebih rela membantu mereka daripada dewa-dewi di
  kelenteng. Nah, ini kan muncul dari adanya kebutuhan spiritual sebagai
  pegangan dalam hidup seseorang. Paling tidak, mereka percaya dan
  menganggap telah mendapat berkah dari sang perampok. Ini tentu saja
  tidak benar, namun milyaran manusia di dunia, siapa menjamin bahwa orang
  akan sama menganggap itu tidak benar?

  Moga-moga jelas.

  Rinto Jiang

Great things are happening at Yahoo! Groups.  See the new email design.
http://us.click.yahoo.com/Q0DZdC/hOaOAA/E2hLAA/BRUplB/TM