Hmmmm......topik yang menarik sekali...dan memang selalu menjadi tarik ulur
antara pria dan wanita.

Kalo boleh saya ingin memberikan pandangan saya pribadi untuk hal hal ini.

Apakah arti dan pengertian dari Kodrat dan Emansipasi??????????.

Menurut saya (sekali lagi menurut saya):

Kodrat : Hal yang sudah alami (natural) yang memang sudah seharusnya (akan)
terjadi , missal sebagai perempuan maka dia harus menyusui dan melahirkan.

Emansipasi : Persamaan hak antara wanita dan pria, missal dalam pekerjaan,
pengaturan di RT, dalam hukum. Dll

Jadi dalam RT, seorang istri (yang) harus menghormati Suami menurut saya
adalah hal yang kodrati (masak dalam RT ada 2 nahkoda???), tapi apakah sang
suami ( or mertua) bisa dan boleh semena mena??? Tentu saja TIDAK, dia harus
mampu menghidupi RT nya, melindungi sang istri juga (dan keluarganya). Dan
sebagai bentuk emansipasi maka sang istri boleh dan bisa di ajak urun rembug
untuk membicarakan masalah yang di hadapi dan mencari solusi yang tepat,
tetapi bila tidak ada kesepahaman maka pihak Suami harus bisa menjadi leader
(bukan kah ini kodrati sang suami?).

Biacara soal mertua yang "kejam" menurut saya kesalahannya ada pada sang
mertua tsb, bukan pada budaya nya. Budaya tsb merupakan symbol untuk
pemahaman bahwa tetap ada hal hal yang kodrati / alami yang seharusnya
memang menjadi kewajiban / hak masing masing pihak.

Jadi bila ada sang Mertua atau sang suami yang 'Nyeleneh / kejam" menurut
saya berarti dia sudah melanggar kodrat nya, dan kesalahn ada pada oknum
tsb, bukan pada budayanya. Demikian juga sebaliknya.

Demikian pendapat saya, maaf bila ada yang tidak sesuai, dan saya juga tidak
setuju bila ada mertua / suami yang semena mena.

Salam damai,
endra