Konfucius berkata,"wen gu zhi xin".
Artinya mempelajari hal2 yg telah lalu, akan menemukan sesuatu yang baru.
Ini mungkin jawaban jalan tengah yang akan membawa kita ke masa depan yang
cerah.
Inovasi dan penemuan2 baru itu kan banyak berasal dari asumsi2 yang sudah ada
sebelumnya pada umumnya.

Freddy

marthajan04 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                                  lah
membahas budaya itu apa harus selalu budaya jaman lalu? enggak
 boleh budaya jaman sekarang? enggak boleh diskusi memprediksikan
 perkembangan budaya untuk masa depan?

 Kalau hanya membicarakan budaya jaman dulu saja, ya lama2 akan habis
 dong pembicaraan kecuali di-ulang2 terus. Dan budaya tionghoa akan
 terhenti, tak ada kemajuan. Padahal kata "maju" adalah kata yang
 positif bukan? Kenapa kita tidak boleh mengembangkan budaya kita?

 Intinya, saya memang ingin membicarakan, bagaimana sebaiknya budaya
 lama yang ingin dihidupkan kembali itu disesuaikan dengan
 perkembangan jaman.
 kalau jaman dulu ada lamar2an, yang biasanya hanya pihak lelaki saja
 yang memberi, bagaimana kalau masa depan, karena kedudukan wanita
 sudah setara dengan lelaki, jadi wanita juga harus balas memberi
 pada suaminya.
 Ortu calon istri juga harus berterimakasih pada ortu calon suami
 untuk pengorbanan ortunya membesarkan calon menantunya itu, sebab
 anak lelakinya itu akan dan harus meninggalkan ortunya untuk
 membentuk rumah tangga baru bersama anak perempuannya.

 Nah kalo saya jadi keluar jalur, itu salahnya netters yang cuman
 baca satu baris tulisan saya lalu pada kesempatan nyerang saya. Jadi
 ya saya balas dong masa diam saja? kan sekarang wanita sudah setara
 dengan lelaki. masa lalu nyungslep kalo diserang?

 Itu saja deh dulu. sukur kalo ada yang setuju dengan pikiran saya.
 Kalo enggak ya udah, selamat ketinggalan jaman aja ya.

 salam,
 MJ

 --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Hendri Irawan"
 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
 > diusung forum ini. Memang budaya jaman dulu itu sudah ketinggalan
 > jaman, namanya juga jaman dulu. Akan tetapi, dari budaya jaman dulu
 > itu kita bisa mengembangkan budaya yang baru yang lebih baik dengan
 > tidak serta-merta mencap semua yang kuno itu tidak baik.
 >
 > Bu Martha mungkin mengusung semangat feminimisme modern. Untuk bu
 > Martha ketahui, wanita-wanita Tionghua jaman dulu memiliki peranan
 > yang tidak kalah pentingnya dari pria. Contohnya sudah saya posting
 > dalam 2 artikel mengenai wanita tionghua Qin Liangyu dan Liang
 Hongyu.
 > Keduanya adalah tokoh sejarah yang nyata adanya, bukan mitos.
 Sejarah
 > tionghua juga mencatat bangkit dan runtuhnya pemerintahan juga
 tidak
 > lepas dari peranan penting wanita, seperti di jaman Shang dan
 Zhou, di