ZFy
> Mas Eddy,
> Kalau boleh tahu, Apa study anda kok begitu banyak koleksi buku
arsitektur? soalnya saya cemburu dengan anda yang tinggal di
beijing,karena saya tahu disana toko2 bukunya begitu besar, judul
bukunya berjubel sekaligus MURAH ( ini yang paling penting). mungkin
buku di Tiongkok adalah yang paling murah di dunia (entah kalau
dibanding India), jelas lebih murah dari Indonesia. bukan saja buku2
terbitan asli, tapi jug buku2 asing banyak diterbitkan kembali
disana, seperti buku2 arsitektur dunia (setelah dialih bahasakan).
saya kalau kesana pasti ingin memborong, tapi karena buku adalah
barang berat, yang bisa dibawa juga terbatas.

eddy:
hahaha ada temen2 yg bisa tolong jelasin ttg saya gak?
benar, sangat murah dan mereka cepat sekali menerjemahkan hampir
semua buku2 ars terbaru keluaran penerbit2 internasional (tentunya
dengan license ijin terbit resmi), seperti di Zhongguancun Bookstore
dekat saya tinggal sangat lengkap buku2 ars modernnya karena gak
jauh dari situ adalah Univ Beijing dan Tsinghua.
Ada buku2 ars klasik di bagian deretan tersendiri, termasuk di
dalamnya semua detail tipologi khas "ars Cina" (jembatan, benteng,
istana, dekoratif, dll), bahkan issue Arsitektur Cina sangat
diminati oleh banyak kalangan dan hampir selalu di bahas di banyak
majalah. Kira2 dua bulan lalu saya beli buku klasik (agak mahal, dua
jilid sekitar hampir RMB1900) judulnya Yingzhao Fashi, Anda tau ini
buku apa? Ini kitab modul-nya ars klasik Tiongkok yg amat terkenal
dan jadi patokan semua rancang-bangun ars dari dinasti ke dinasti.
Teman2 dari Chinese HK Univ (Andrew Li dkk) sudah memformulasi-ulang
pemodulan ini.

Saya sendiri tip hari Minggu pagi selalu jalan2 nyusurin hutong.
Kebetulan ada seorang mahasiswa saya tinggal di hutong dekat
Liulichang (dekat Xuanwumen), jadi tiap minggu saya mampir ke sana
pagi2 untuk duduk di courtyard (tianjing) sambil minum teh krisan
anget, dan sambil memaknai hakikat space-place (hahaha niru kata2nya
Yi-fu Tuan) dan simbolik spatial arrangement-nya. Lalu keluar
ke "alley" alias gang2 sempitnya untuk sekedar ikut mainan ama anak2
kecil di kampung itu dan sesekali mendengar teriakan2 berdialek "er-
hua" khas Beijing, entah dari pedagang keliling (selalu teriak "duo
pianyi'r") atau dari orang2 tua.

O ya, buat anak Binus itu, coba deh cari buku yg saya senangi,
judulnya Chinese Architecture, karangan Laurence G Liu, mungkin di
perpus Ars Untar ada. Kalau Anda gak bisa menjangkau ke luar kota,
bisa hubungi Prof Gunawan Tjahjono di Arsitektur FT UI atau tiap
Kamis pagi di Arsitektur FT Untar. Buku2 juga ada di perpustakaan
Ars FTUI.

salam,

eddy

See what's inside the new Yahoo! Groups email.
http://us.click.yahoo.com/2pRQfA/bOaOAA/yQLSAA/BRUplB/TM