Dear All,

sorry ikutan nimbrung .. menurut gw, terlepas dari ajaran agama siapa yang
benar, budaya mana yang benar, kisah itu legenda atau bukan, inti dari
semuanya itu adalah saling menghargai satu sama lain .. Hawa yang dikisahkan
diambil dari tulang rusuk Adam dapat disimpulkan sebagai bentuk lain untuk
mengatakan bahwa wanita adalah bagian dari laki-laki yang perlu dihargai
laki-laki layaknya tubuhnya sendiri, begitu juga sebaliknya. kisah tersebut
tidak membenarkan pria untuk menyalahkan wanita atas segala yang terjadi
dalam hidupnya. kisah tersebut juga mencoba menyadarkan bahwa setiap
tindakan yang kita ambil sebagai manusia ada konsekuensinya .. dalam hal ini
Adam dan Hawa mendapat konsekuensi diusir atas pilihan mereka .. perhatikan
kata "mereka" ketimbang si wanita atau si pria .. artinya keduanya baik
secara individu atau bersamaan memutuskan untuk memakan buah tersebut ..
kenapa mereka berdua yang diusir, bukan hanya salah satu karena
masing-masing manusia diberikan akal sehat untuk membedakan mana yang bole /
tidak boleh dan free will untuk menentukan jalan hidupnya .. jadi pada saat
mereka berdua, terlepas dari gender, mengambil keputusan untuk melanggar
kesepakatan yang telah dibuat maka konsekuensinya harus siap ditanggung oleh
masing-masing individu.

jadi menurut gw, kurang pas jika sampai detik ini masih ada manusia-manusia
yang menganggap manusia lain yang lebih hina/rendah dari dirinya dan
membenarkan perlakuan tidak adil terhadap mereka ..

mohon ditanggapi dengan kepala dingin .. dan pikiran yang dewasa ..

wsslm,

Rex