Terima kasih Bung Rinto buat penjelasannya yang menarik -walaupun
masih banyak yg bisa saya tanyakan, namun pasti sangat elementer, maka
benar saran Pak Xuan Tong sebaiknya saya belajar sendiri dulu :)

Tentang Tian sebagai langit mengingatkan pada Kakek (alm.) yg rutin
sembahyang menengadah ke langit dg hio di tangan di depan pintu rumahnya.
Sebagai bocah saya pernah bertanya, 'Kenapa Kakek selalu mendongak ke
langit kalau sembahyang, Kakek minta apa dari langit?' jawabnya
'Meminta supaya hidupmu diberkati'... Ah, Kakek yang penuh kasih,
walau figurnya jauh dari lemah lembut.

Kakek saya seorang Konghucu (atau Shamanist?) taat sekaligus kritis,
konon bahkan pernah mengritik pedas seorang pastor kulit putih yg
merokok (mencangklong?): 'Tuan Pastur, kalau Tuan tak bisa
mengendalikan diri sendiri (merokok), bagaimana Tuan bisa jadi
pembimbing umat yang baik?'.... Yes, that's my grandpa :)

Untunglah ada Bung Rinto, Pak Xuan Tong, Pak Golden Horde dan lainnya,
yang melalui pengetahuannya membantu saya coba mengerti apa yang
dipercayai Kakek, sekalipun iman Kakek dan iman saya berbeda.

May my grandpa Rest in Peace,

Ida Khouw

NB: cukup kaget juga, ternyata sejumlah milisers ahli 'tafsir
akrobatik' menyangkut dogma Trinitas Kristen :=))

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.