Nilai sempurna untuk anda Ko Shi! Anda 100% benar!
Pecel dan gado-gado berkaitan dengan rasa. Jadi kalau
ada yang berantem gara-gara diskusi tentang pecel dan
gado-gado, maka kita bisa bilang mereka orang yang
(maaf) kurang pinter memilah-milah.

Gado-gado adalah masalah rasa, agama adalah masalah
panggilan! Nenekku hanya seorang petani, 1 tahun
sebelum beliau kembali kepada Tian, kami berdiskusi
tentang agama, saat itu dia berkata dalam bahasa
hokian:

Ce lang ce tiau lo. Len boei sai kong ce tiau lo tio,
he tiau lo cho. Len to  em pat kia ka thau.  Len na
kia thau thau liau cah e sai kong ce tiau lo cho, he
tiau lo tio. Len e sai ka peng yu kong, ¡§peng yu ah,
ce tiau lo khua liau cia ho kia, lan lai co ten kia ai
bo?¡¨

Artinya.

Setiap orang dengan jalannya masing-masing. Elu gak
boleh bilang jalan ini benar dan jalan itu salah. Elu
kan belum pernah berjalan sampai ke ujungnya? Kalau Lu
sudah pernah tuntas menjalani semua jalan itu, elu
baru boleh  bilang jalan ini benar dan jalan itu
salah.  Elu cuman boleh bilang sama teman, ¡§Hi
temanku, jalan ini nampak enak untuk dijalani, yo kita
jalanin bareng?¡¨

Tidak sulit untuk mengerti apa yang dikatakan oleh
nenekku itu, juga tidak sulit untuk menghafalkannya
kata demi kata. Yang sulit adalah setelah sekian tahun
berlalu, aku masih sering lupa memperaktekkannya dalam
kehidupan sehari-hari. Semoga Gui shen senantiasa
mengingatkanku.

Orang-orang Tionghoa memeluk agama yang berbeda.
Walaupun agamanya berbeda-beda tetap orang Tionghoa.
Yang membuat jarak antara orang-orang Tionghoa yang
agamanya berbeda bukan ¡§agamanya,¡¨ tetapi cara
pandang mereka terhadap agama lain, dan cara mereka
mencari teman sejalan. Bagaimana hal itu terjadi? Hal
itu terjadi karena mereka terlalu cepat mengambil
¡§KESIMPULAN.¡¨ Terlalu cepat menyimpulkan bahwa
mereka sudah jago dalam mengerti jalannya. Terlalu
cepat menyimpulkan bahwa mereka harus menolong orang
lain untuk menemukan jalan yang benar. Terlalu cepat
menyimpulkan bahwa jalan terbaik untuk memberitakan
kabar baik adalah dengan menyampaikan kabar buruk dulu
(kabar buruknya, jalan kamu salah, kabar baiknya jalan
ini benar). Terlalu cepat menyimpulkan bahwa mereka
benar-benar mengerti jalan orang lain dan terlalu
cepat menghakimi bahwa jalan orang lain salah.

Nabi Kongzi berkata:

¡§Orang yang belajar tanpa berfikir, sia-sia; Orang
yang berfikir tanpa belajar, berbahaya.¡¨ Sabda Suci
II:15

Yesus berkata:

¡§Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi
hakimilah dengan adil!¡¨ Yohanes 7:24

Rasul Paulus berkata:

Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang
lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu
adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap
berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus
berdiri. Roma 14:4

Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka,
yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya
menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat? I
Korintus 5:12

Anda pernah memperhatikan apa yang dilakukan oleh
orang-orang muslim ketika naik haji? Mereka
mengelilingi Ka¡¦bah. Silahkan bertanya kepada para
bapak dan ibu haji tentang ka¡¦bah. Dijamin anda akan
mendapat gambaran yang sama. Kenapa hal itu bisa
terjadi? Karena mereka sudah memandang Ka¡¦bah dari
jauh dan dari dekat, dari berbagai sudut pandang
(kecuali dari atas dan bawah). Betapa agung dan
indahnya ajaran ini!

Kebanyakan orang menilai agama Hindu sebagai agama
penyembah dewa-dewi (dalam agama Islam dan Kristen
disebut menyembah berhala). Mungkinkah penyembah
berhala mengucapkan doa seperti ini?

Oh Tuhan, ampunilah tiga dosaku
Yang disebabkan oleh keterbatasan diriku sebagai
manusia
Engkau berada di mana-mana,
Namun aku memujaMu di sini
Engkau tidak berbentuk,
Namun aku memujaMu dalam bentuk-bentuk ini
KeagunganMu tak terlukiskan
Namun aku memanjatkan puji-pujian dan doa
Tuhan, ampuni tiga dosaku
Yang disebabkan oleh keterbatasan diriku sebagai
manusia

Apa yang harus dilakukan oleh orang-orang Tionghoa
dengan agama-agama berbeda itu? Belajar ¡§Li¡¨ yang
diajarkan oleh nenek moyangnya! Lalu hidup dengan Li!
Maka dijamin CENG LI!¡¨

Mau tahu contoh hal BO CENG LI yang dianggap CENG LI
oleh orang-orang Tionghoa yang tidak belajar ¡§LI¡¨
yang diajarkan nenek moyangnya?

Pertama kali dikatakan oleh para ilmuwan barat, lalu
dipercayai oleh orang-orang non Tionghoa, lama-lama
banyak orang Tionghoa ikut-ikutan percaya, bahkan
banyak pula yang mengajarkannya sebagai suatu
kebenaran. Sungguh BO CENG LI!

Dengan mengatakan istilah ¡§Tiongkok¡¨ dan
¡§Tionghoa,¡¨ digunakan oleh bangsa Tiongkok kuno
karena mereka mengira negaranya adalah pusat dunia.
Sungguh-sungguh melecehkan bangsa Tiongkok kuno!

Go Ho

http://mail.yahoo.com