Saya baru2 ini melihat report archeology yg terachir dari China. Yg saya hanya
dapat mengerti dari report yg diberikan - ini semua masih guessing game sebab
tidak ada tulisan2 dan hanya ada penemuan keramik.
  Yg direport adalah  keramik2 berupa kepala orang buta - dlm macem2 model.
Speculasi atau hypothese yg dikeluarkan disini adalah sebagai berikut.

  Kemungkinan besar keramik orang buta ini adalah dari para walking books
kerajaan. Diwaktu jaman tanpa ada tulisan sejarah diturunkan sebagai legend
didalam bentuk story yg harus dihafalkan oleh scientist buta ini.
  Kemungkinan juga bahwa ini keramik adalah pengganti dari korban jiwa yg
diperlukan jikalau seorang berpangkat meninggal. Biasanya slaves atau yg kalah
perang.

  Menurut report katanya didalam kuburan2 sebelum 3000 BCE biasanya diketemukan
sisa2 korban ini . [pengorbanan dari slaves katanya juga diketemukan didalam
kerajaan Sumeria =3500 BCE dan katanya sekarang menurut berita2 yg dipercaya
masih dilakukan dipulau Sumba diIndonesia sekarang ini ????]]

  Ini sekarang hypothese saya - mungkin sekali legend2 dari PanKu, Nuwa,
HuangDi dan menteri2nya adalah legend yg diceritakan melalui scientist buta
tsb. Kemungkinan besar bahwa story2 ini ada betulnya - tetapi oleh karena sudah
ribuan tahun storynya agak terubah menkadi mystical legend. Ini boleh disamakan
dgn riwayat2 yg kita ketemukan didalam injil dan torah mengenai sejarah
middle-east sebelum king David atau Daud  atau riwayat Ramayana. Mahabaratha yg
sekarang didalam sejarah India diterima sebagai perang antara utara dan selatan
di sungai Ganges kira2 1000 BCE. [bukan dgn Srilangka] Story Mahabarata dan
Ramayana juga diturunkan melalui scientist2 secara oral,  sebab tidak ada huruf
tulis. Huruf tulis India [sangskrete] diciptakan kira2 500 BCE dimana Ramayana
mulai ditulis dan kira2 100 tahun kemudian tulisan2 sutra budisme ditulis.

  Karena itu sebelum menciptakan dogma2 utk suatu agama saya kira mempelajari
sejarah penting - utk mencegah illogical thinking. Janganlah hidup didalam
dunia tertutup dan pelajari dari ahli2 yg mengetahui materie lebih mendalam
diluar lingkungan kalian.  Jangan lupa jikalau yg menganut agama kongkau - ini
aliran hanya ada diIndonesia dan tidak ada diluar Indonesia. Aliran ini uniek
utk babah culture dan tidak merupakan chinese culture
  Keadaan ini sering saya lihat di So Africa diantara penduduk Boeren.Africaner
yg ingin mempertahankan culture Belanda tetapi sebetulnya bukan belanda lagi.
Juga diantara penduduk latinAmerica yg menganggap dirinya spanish tetapi
sebetulnya bukan spanish tetapi typical latin America. Saya juga lihat ini
diantara orang philipine yg meng-anggap dirinya Porugese - tetapi sebetulnya
mereka tulen philipine. Juga dulu diantara orang indo -indonesia banyak yg
berpikir mereka orang belanda - tetapi sewaktu mereka diperbolehkan kembali
mereka bukan belanda dan achirnya keluar dari belanda lagi. Kommentar2 yg saya
liht dari mereka yg ada diluar negeri mengenai tulisan materie ini kurang lebih
dpt disamakan dgn tulisan saya - hanya mereka membicarakan in detail tanpa
melihat the overall view - terjadinya pendirian agama kongkauw ini.

  Andreas
  Saya bukan ingin merendahkan keadaan tetapi hanya ingin memberikan cahaya
penerangan - agar nanti dimasa depan tidak menjadi bingung.

  Andreas

perfect_harmony2000 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Sdr.Hai,

saya mencoba menjawab sebisa saya, dan maafkan jika kemampuan saya
tidak memadai untuk menjawab pertanyaan anda yang maha sulit ini.

Pertama seperti yang anda nyatakan >> Pembatasan ini diperlukan
karena yang akan dibahas agama-agama dari luar Tiongkok kuno.<<,
sedangkan Zhu Xi lahir pada masa dinasti Song, yang notabene sudah
berbeda ribuan tahun dengan masanya.

Kita bahas masalah guishen ¹íÉñ terlebih dahulu.
Saya akan mengutip beberapa ujar KongZi ¿××Ó dalam kitab LunYu ÂÛÓï.

Nanti kita renungkan artinya masing-masing, dan jika perlu saya
mohon bantuan sdr.Zhou YuFang untuk menterjemahkan, bisa anda atau
orang lain boleh menterjemahkan. Saya sendiri tidak akan
menterjemahkan agar terkesan netral.

·®³ÙÎÊÖª£¬ ×ÓÔ» £º¡°ÎñÃñÖ®Ò壬¾´¹íÉñ¶øÔ¶Ö®£¬¿Éν֪ÒÓ(ÂÛÓï ÓºÒ²)
Chi Min wen zhi, Zi yue : wu min zhi yi, jing gui shen er yuan zhi,
ke wei zhi yi ( Lun Yu , Yong Ye )

×ÓÔ» £º ¡°·ÇÆä¹í¶ø¼ÀÖ®£¬ ÚÆÒ²¡£¼ûÒ岻Ϊ£¬ÎÞÓÂÒ²¡± (ÂÛÓï ΪÕþ)
Zi yue : fei qi gui er ji zhi, chan ye. Jian yi bu wei, wu yong ye.
( Lun Yu, Wei Zheng )

¼¾Â· ÎÊÊ ¹íÉñ¡£ ×ÓÔ» £º¡°Î´ÄÜÊÂÈË£¬ ÑÉÄÜÊÂ¹í¡±( ÂÛÓïÏȽø)
ZiLu wen shi guishen. Zi Yue : wei neng shi ren, yan neng shi gui" (
Lun Yu XianJin ).

¼ÀÈçÔÚ£¬ ¼ÀÉñÈçÉñÔÚ (ÂÛÓï °ËÙ«)
Ji ru zai, ji shen ru shen zai ( Lun Yi Ba Yi )

Dari beberapa yang saya tuliskan, ada yang tidak lengkap meuuliskan
GuiShen, jika ini mau dikaitkan dengan Tuhan Maha Roh.

Sedangkan pada kitab Mo Zi tertulis
Ö´ÎÞ¹í¶øѧ¼ÀÀñ£¬ÊÇÓÌÎ޿Ͷøѧ¿ÍÀñÒ² ( Ä«×Ó ¹«ÃÏ)
zhi wu gui er xue ji li , shi you wu ke er xue ke li ye ( Mo Zi,
Gong Meng ).

Melihat permainan anda, terkesan memaksakan, terutama mengenai
ShangDi dan GuiShen.
Jika mau menggali penyembahan kuno ya harus menggali dari banyak
segi, tidak selalu harus memaksakan pemikiran sendiri. Penggalian
arkelogis saja sudah membuktikan adanya Ren Xun ÈËѳ.

Jika anda mengatakan bahwa tidak ada penyembahan pada nenek moyang
pada jaman lampau, mohon tanya ada berapa tulisan µÛ ( cat: karena
font saya tidak lengkap, maka saya menuliskan di kaisar tanpa
radical shi ʾ disampingnya )dalam kitab ShiShu WuJing.
Mohon tanya apa arti Di tersebut.

Mengenai Zhu Xi, mungkin perlu dibahas lain waktu. Karena
permasalahannya yang anda nyatakan adalah tidak ada penghormatan
nenek moyang serta pengertian GuiShen yang diambil dari pemikiran
Zhu Xi yang ribuan tahun setelah Kong Zi wafat.

Atas penjelasan anda, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, hai hai <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Benar! Supaya tidak melenceng kemana-mana, maka perlu
> disepakati dulu, lapangan yang digunakan dan aturan
> yang dipakai dan jenis permainannya.
> Lapangannya adalah:
>
> Raja Fu Xi (2953-2858 SM) hingga Mengzi ©s¤l (372-289
> SM).
>
> Peraturannya adalah:
>
> Ajaran Lima Raja Suci Tiongkok kuno, Yao, Shun, Yu
> (raja pertama dinasti Xia), Tang (Raja pertama dinasti
> Shang), Wu (Raja pertama dinasti Zhou). Yang tercatat
> dalam kitab-kitab Si Shu & Wu jing (hasil kanonisasi
> Chu Shi (1130-1200 M), Kitab Dao De Jing karya Laozi
> [...]

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional