Terima kasih Pak Xuan Tong buat tambahan pengetahuannya.
Saya akan mendukung sekali kalau Pak Xuan Tong menulis lebih jauh soal
komunitas ini, sebab betul pekerjaan mereka unik sekali.

Salam,
Ida Khouw

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "perfect_harmony2000"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sdri.Ida,
>

> sepanjang yang saya tahu, komunitas caici ini pada awalnya hanya ada
> dikalangan orang Khe, kemudian mungkin bisa juga jasa penyebrangan
> arwah para caici menyebar ke komunitas lainnya.
>
> Mengenai pengaruh Buddhism atau Taoism, sebenarnya keduanya memang
> ada. Tidak dapat dikatakan pengaruh dari satu sisi Buddhism saja
> atau Taoism.
>
> Caici memiliki posisi yang unik dalam masyarakat Tionghoa, selain
> mengurusi upacara kematian, mereka juga melaksanakan upacara kias
> atau Ji Xa, menghitung hari dan banyak pelayanan yang bersifat
> [...]

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.org :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional