From: "Ari Tonang" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, November 23, 2006 9:31 AM
Subject: [budaya_tionghua] Syaraf terjepit

> Adik saya masuk rumah sakit karena kakinya tidak bsia digerakkan dan
sakit, kemudian dari hasil MRI, diketahui bahwa di tulang belakang L4 dan L5
terjadi syaraf terjepit (HNP - Hernia Nucleus Pulposis), artinya inti
diantara tulang belakang tersebut menusuk keluar sehingga bantalannya pecah,
sehingga menjepit syaraf belakang punggung sebelah kiri, sehingga kaki
kirinya yang nyeri.

>   Adik saya memang olah raga badmintonnya keras sekali, dan mungkin sering
memaksakan diri sehingga terjadi HNP tersebut.

>   Ceritanya masuk ke rumah sakit, dan kebetulan yang menanganinya adalah
dokter bedah syaraf, maka disarankan (sedikit dipaksa) untuk di operasi.
Adik saya menolak karena biayanya cukup besar (35 juta) dan cuma dirawat
inap saja dua hari dan keluar dari rumah sakit dengan menandatangan surat
yang intinya bahwa keluar dari rumah sakit atas kemauan pasien, jadi RS
tidak bertanggung jawab. Perawatan di rumah sakit cuma dikasih obat anti
nyeri dan istirahat saja.

>   Kejadian ini sudah kedua kali, dan pertama kali masuk rumah sakit juga
tahun lalu, setelah dirawat inap, istirahat di rumah sambil lakukan
fisioterapi, maka nyerinya menjadi hilang.

>   Terakhir kali sebelum masuk rumah sakit. adik saya mengikuti terapi
"zoma meridian" di satu rumah sakit di jakarta Pusat. Inti dari terapi
tersebut adalah badan di setrum dengan hebat (sakit) selama 15 menit. Kata
dokter (bukan sinshe atau tabib lho) yang menanganinya, bahwa terapi ini
selama 8 kali  saja, tujuannya untuk merangsang urat syaraf dengan setruman,
karena urat syaraf disetrum dengan hebat (sakit), maka urat syaraf tersebut
akan bergerak dan pelan-pelan melepaskan diri dari jepitan.

>   Apa yang terjadi, setelah mengikuti ke 5 kali, adik saya malahan masuk
rumah sakit, karena nyeri tidak tertahankan. Padahal fisik adik saya cukup
kuat dan masih muda (dibawah 40 tahun).

>   Dari berbagai pengobatan alternatif yang tersedia, misalnya akupuntur,
fisioterapi, chairopractor, bahwa tujuan hanya untuk meringankan nyeri yang
terjadi saja, dan tidak bisa menghilangkan sumbernya.

>   Untuk melakukan operasi, karena tidak terlalu parah, keberhasilanya
cukup tinggi yaitu 90% lebih, dan setelah dioperasi, tulang rawan yang
menjepit katanya di keluarkan. Tetapi juga tidak bisa menyelesaikan masalah,
nyerinya tetap ada, walau tidak sehebat sebelum operasi, dan parahnya,
karena sebagian diskus (tulang rawan) sudah diambil, maka tempat tersebut
sangat rentan untuk muncul lagi kasus yang sama. Dan jarang ada dokter yang
mau melakukan operasi yang kedua kali di tempat yang sama. Maka setelah
operasi si pasien harus dijaga sekali seumur hidupnya. Dan karena sebagian
tulang rawan diambil, maka rentan sekali muncul lagi penyakit punggung lain,
karena berkurangnya rendaman (tulang rawan) tersebut.

>   Memang syaraf terjepit ini tidak akan sampai mengancam jiwa, tetapi
sewaktu nyeri, maka kita akan tahu sakitnya katanya seperti orang kontraksi
mau melahirkan.

>   Untruk syaraf terjepit ini, ada member yang bisa saling memberikan
sharing dan juga refrensi tentang penyembuhan penyakit tersebut.