Latihan TayChi yg sebetulnya berasal dari aliran Wutang [Butong] sebetulnya
secara theory latihannya berlainan dgn latihan chi dari Siao Lin. Yg satu
berdasarkan aliran agama Tao dan yg kedua berdasarkan aliran Fu [Budha]  Kalau
SiaoLin latihan ini disebut Weitankung.
  Konsentrasi napas dan dantiannya agak saling bertentangan maskipun hasil
jadinya kurang lebih sama. Weitan dan Taychi semua bagus utk yg sudah berumur
sebab tidak boleh mempergunakan tenaga - agar chi dpt mengalir.
  DanTian posisinya adalah dibawah puser di- laki2 kira2 3 jari dibawah puser -
dan diwanita 4 jari lebih. Menemukan senter ini agak sulit dan biasanya harus
dibantu = tetapi sekali ketemu tidak hilang. Menemukannya biasanya melalui
samedi / meditasi dgn arah muka ketimur dgn berduduk secara lotus.  Kalian yg
masih mendapat latihan kuntao dari cabang LauJengTie dari Jateng pasti ingat
latihan samedi ini yg utk yg kurang mengerti ada agak aneh latigan napasnya  -
tetapi latihan ini sekarang sering dipakai oleh western homeopath medicine. Yg
dari LoBanTeng biasanya latihan samedi tidak diberikan. Yg dipakai biasanya
Weitan.
  Andreas

perfect_harmony2000 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Sdr.Miao,

yang dimaksud adalah konsep Qi chen dantian atau qi turun ke dantian.
Konsep ini adalah konsep praktisi TaiJi dan yang dimaksud DanTian
dalam pelatihan TaiJi adalah DanTian bawah.
Selain fokus kepada DanTian yang menjadi "central tubuh" juga fokus
kepada gerakan serta merasakan aliran qi yang bergerak.

TaiJi secara umum memiliki teknik menghilangkan keseimbangan lawan.
Tapi selain itu juga memiliki faktor pelatihan tenaga dalam.
Dengan bernafas yang benar, cara berdiri yang benar, gerakan yang
tepat, serta pikiran yang fokus bisa membuat praktisi mendapatkan
ketenangan, tubuh sehat serta qi yang baik.

Hormat saya,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "RQiu888" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Xuan Tong Heng,
>

> Bicara soal Meridian, saya pernah dengar dari suhu bahwa belajar
Taiji