Oline

ANDREAS MIHARDJA <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com
02/02/2007 01:59 AM
Please respond to
budaya_tionghua@yahoogroups.com

cc

Subject
Re: [budaya_tionghua] tradisi orang Tionghoa menangani orang yang kena
cacar air

Fetus adalah baji yg belum dilahirkan dan yng masih berada didalam
kandungan ibu. Jikalau sudah dilahirkan biasany disebut baji meskipun
premature atau lahir terlalu muda. Jadi fetus adalah baji yg masih
berhubungan physic dgn kandungan ibu.
Anak kecil umur 2-3 tahun kalu kena cacar tidak apa2 sebab immuun system
mereka sudah cukup developed. Kalau masih baji memang imuun system belum
100% dan biasanya masih tergantung antibody si-ibu [karena itu dianjurkan
diberikan susu ibu lebih sehat dari susu synthetic.]
Kalau kecap bikin cacar hitam kan si dokternya ngebohong atau tidak tahu
samasekali jalannya cyclus penyakit. Kalau begitu makan daun suji nanti
bekas cacarnya jadi hijau kaya kodok. atau kalau makan daun indigo [warna
biru] nanti jadi orang biru intel. Ini kan lamunan dan tidak ada
hubungannya dgn liquid dari tubuh.

Gordelroos - cacar air pada orang dewasa - tidak berbahaya hanya sakitnya
bukan main. ini disebabkan oleh karena yg diserang adalah mata-zenuw dari
patient.Juga jikalau cacarnya sudah kering dan lukanya sudah bersih -
sakitnya bisa masih selama 6 bulan. Yg bahayanya kalau ini daerah
attacknya adalah dekat mata. Disini ahli mata - opthamologist harus
bertindak [bukan yg kasih kaca mata - tetapi yg bisa operasi mata] Ini
cacar kalau dipinggang juga tidak seluruh pinggang hanya daerah pengaruh
satu zenuw yg kena. Bahayanya hanya kalau isteri lagi hamil atau kalau ada
baji. Sebab virus ini dapat menular keanak2 sebagai cacar air biasa. Ini
virus juga menular kepada semua orang dewasa yg sudah pernah dapat cacar
sewaktu kecil.
Lagi karena ini virus, dan sampai jaman sekarang hanya ada sedikit obat
antivirus - maka pengobatannya hanya memperkuat immuun system badan kita.
Antibiotic tidak berguna sebab ini hanya membunuh bacterie dan bukan
virus. Kalau sidoktor kasih antibiotica utk cacar - dia saya kira kurang
pengetahuannya. Untuk demem dan sakit boleh makan acetominophen type
medicine - that's all. Utk gatal silahkan pakai macem2 bedak atau kalau
orang jawa suka pakai beras kencur it is all ok.

Andreas

[EMAIL PROTECTED] wrote:
Pak Andreas,

Sorry, mau tanya.. fetus & baji itu apa yach?
lalu kalau herpes yang seperti pak andreas katakan di bawah..
yang membentuk seperti ikat pinggang, kok yang saya dengar justru itu yg
berbahaya yach?
kalau sudah sampai pada yg terakhir (sudah membentuk ikat pinggang) bisa
menyebabkan kematian.. CMIIW..

Ya memang, pengalaman saya di bawah bukan berdasarkan tradisi chinese..
karena, saya pernah tanya sama dokter..
apa benar, kalau kita makan kecap lalu bekas cacar/luka bisa jadi hitam?
yang ada dokternya malah bilang gini, "trus, klo minum sirup hijau bisa
jadi hijau juga dong bekasnya.."

saya di isolasi, karena di rumah masih ada 2 ponakan saya yg umur 3 & 2
th..
jadi, ortu saya takut mereka kena...
tapi, memang bener sakit cacar air mungkin lebih baik kalau masih kecil
kenanya..
seperti saya kemarin..aduh, nyebelin deh...
sampe2 ada yg nongol di lidah...untung aja gak pake lama..

oh ya, sampai hari ini bekas2 cacar itu tidak ada yang masih hinggap di
tubuh saya..
karena memang gak di semua bagian tubuh yg kena..
atau mungkin juga menjadi lebih ringan karena waktu sd saya sempat kena
cacar jerman yach..
^_^

ANDREAS MIHARDJA <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com
02/01/2007 03:42 AM
Please respond to
[...]

Sebetulnya kalau kena cacar air atau bah. Ingerisnya Chicken pox - orang
tua menganjurkan untuk kirim semua anak2 yg masih kecil dan yg belum
pernah kena penyakit ini - untuk bermain bersama2. Chickenpox untuk
anakkecil tidak terlalu berbahaya dan biasnya menurut kepercayaan jaman
dulu kalau sekali sudah kena - bakal imuun untuk seumur hidup terhadap
virus ini. Tetapi kalau wanita yg belum pernah kena chicken pox ini
mendapat penyakit ini sewaktu hamil - ini dapat membunuh fetus. --- Jadi
kalau sampai dipisah atau di-isolasi sebetulnya tidak berdasarkan tradisi
cina tetapi pendapt ortu kamu, yg menurut ilmu kesehatan tidak korrekt.
Tetapi cacar aer dapat membunuh fetus dan baji yg masih dibawah 2 tahun.

Tetapi semacem penyakit yg juga disebabkan oleh salah satu strain dari
virus Varicella ini dan yg masih dapat menyerang kita pada kemudian hari
meskipun sudah pernah dapat cacar aer tsb. Ini disebut dlm bahasa belanda
Gordelroos atau Herpes zoster.. Ini juga mengeluarkan cacar2 tetapi
biasanya dibagian pinggang dan biasanya diatas zenuw kita - jadi sakitnya
bukan main. Seluruh bagian pinggang dapat diatack cacar ini seperti
ban-pinggang. Ini tidak berbahaya tetapi sakit sakit. Ini anehnya kalau
kita memberikannya kepada anak kecil akan menjadi cacar aer juga.Varicella

ini dapat menyerang dimana2 dibadan kita
Ini pengalaman saya dgn virus ini.
Silahkan kalian berpikir dan merubah tradisi kalian. Ini adalah
pengetahuan medisch berdasarkan science dan bukan berdasarkan hear say.

Andreas

[EMAIL PROTECTED] wrote:
Wah,
Kalau pengalaman saya waktu kena cacar air th 2005 lalu,
saya di isolasi sama keluarga hahahaha.....
biasanya tidur sama ortu, kali ini harus tidur sendiri...
terus, di rumah ada 2 kamar mandi...1 khusus buat saya mandi..
jadi gak ada yg boleh pake kamar mandi itu...
mandinya pake sabun mandi yg ada antiseptiknya..
cuci muka juga pake sabun itu...
terus badan ditaburin bedak S*****L biar gak gatel2....
ada 2, buat muka dan buat badan..
satu lagi, jangan lupa deh makan obatnya...
alhasil, dalam 1 minggu cacar air saya kering tuh...
setelah kering yang masih demek (setengah kering hehehe..)
sama dokternya di kasih salep...

gak ada pantangan apa2..tapi berhubung saat itu saya juga kena radang
tenggorokan..
jadi, mama bikinin saya makanan yang lembut2 dan gak ada goreng2an...
semuanya serba di rebus..

Cheers,
Oline

"flavia_rachel21" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com
01/30/2007 09:58 PM
Please respond to
budaya_tionghua@yahoogroups.com

budaya_tionghua@yahoogroups.com
cc

Subject
[budaya_tionghua] Re: tradisi orang Tionghoa menangani orang yang kena
cacar air

kalo pengalaman aku waktu kena cacar itu, hrs hindarin angin, jd kl
di ruangan kamar ac, anginnya jgn langsung kena badan. ga boleh
makan yg amis2 kaya kepiting, udang,ikan kembung, jgn makan telur,
soda, kecap (katanya bisa berbekas)
kl cacar kan ada kaya gelembung air yg muncul ,terasa gatal dan kl
pecah pedih rasanya, kl campak juga gatal2 namun tubuh ada bercak2
dgn disertai demam.

dea

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Hai Jin" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Para senior yang saya hormati,
>
> bolehkah memberikan pencerahan tentang tradisi orang Tionghoa
dalam menangani orang yang kena cacar air ataupun campak.

http://tags.bluebottle.com/fc/MhtYWUiVQDvkxmNAkjdJ1dCVLN8dvClRTDH3f/