Dear Jane,
Saya tak punya masukan dari sudut disiplin Psikologi. Untuk memahami
konsep2 dasar ras (juga etnisitas), ini buku favorit saya:

Racialized Boundaries: Race, Nation, Gender, Colour and Class and the
Anti-Racist Struggle (Paperback)
by Floya Anthias (Author)

Beberapa halaman buku tsb bisa dibaca di sini:
http://www.amazon.com/gp/reader/0415103886/ref=sib_dp_pt/105-9103402-9440430#reader-link

Semoga tersedia di perpustakaan atau toko buku.

Semoga membantu,
Ida Khouw

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "jane_montague"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Salam kenal semuanya,, Saya Jane Liliana, mahasiswi Fak.Psikologi
> salah satu PTN  yang lagi pusing sama yang namanya skripsi. Saya
> pengen banget meneliti soal sikap orang tua etnis Tionghoa terhadap
> pernikahan wanita etnis Tionghoa dan laki-laki suku BAtak.
> Sebenernya saya sendiri juga berasal dari etnis Tionghoa, tapi orang
> tua saya kurang paham juga soal budaya-budaya Tionghoa... Hasil dari
> penelitian saya ini mudah2an bisa jadi sesuatu yang bermanfaat bagi
> yang membutuhkan masukan2,,,
> JAdi saya sangat mengharapkan bantuan saudara2 semua, dalam bentuk:
> [...]

Kirim email ke