On 3/7/07, Ulysee <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> dalam satu hari di gathering. Seperti misalnya, ajakan untuk memikirkan
> kembali apa itu budaya? Dan apa itu budaya tionghoa?
> Apa itu tradisi, dan kenapa perlu mempertahankan tradisi.
> Salah satu yang terpatri sama gue adalah bahwa tradisi itu punya nilai
> nilai , yang enggak hanya berlaku di masa lalu, tapi juga masih relevan
> di masa kini, dan masih bisa dibawa sampai ke masa depan nanti. Itu
> sebabnya nilai budaya itu masih bertahan sampai ribuan abad lamanya.
> Gue jadi serasa dapat legitimasi untuk mempertahankan tradisi nenek

Itu sisi lestari dari budaya. Tetapi  orang yang sama juga berpendapat bahwa
budaya itu dinamis.
Untunglah, dari yang hadir di Gathering tidak ada yang berpendapat bahwa
budaya tionghua itu buruk semua.. fiiuuh...

Oh ya,
kayaknya aku kurang tepat disebut pengamat budaya deh.. lebih enak disebut
penonton (biar lebih santai)

Dapat sharing kisah, tentang betapa susahnya mau sekolah, Jalan kaki aja
> butuh dua jam.
> Tentang lampion kertas, aduuuhhh gue iri sekali pengen tahu cara bikin
> lampion kertas.
> Seru kali ya, kalau beramai ramai arak arakan lampion dengan berbagai
> bentuk keliling kompleks.

Iya nih.. kayaknya seru..
Dulunya kukira cuma ada di film-film kayak Judge Bao (tuh dulu waktu SD atau
SMP yah aku menontonnya?)

Dapat lagi kritikan dan masukan untuk milis. Beberapa orang sempet
> nyebut milis ini banyak debat kusir jadi males nyimak, apalagi bunyi.
> Hehehe. Hayooo siapa yang suka debat kusir harus dikurangi!!!
> ( Gue yang pertama kali nyengir tersindir, hehehe. Iya paaakkk gue doyan
> debat, baik debat kusir maupun debat kuda, kyahahaha)
> Dapet shock theraphy, sewaktu suasana memanas diluar kendali.
> Hihihi, padahal sudah diperkirakan, udah disiapkan antisipasi, tapi
> tetep aja kaget, kyahahaha.

Aku yang kaget pas situasi memanas (jujur, sampai sekarang masih menerka2
apa yang terjadi).

Tapi moderator Gathering lebih sadis daripada moderator milis. Apakah
moderator milis perlu sesadis moderator gathering :p

Dapat hal hal baru tentang barongsai, seperti misalnya menguji barongsai
> apa beneran seniman lion dance apa barongsay ngamen doank, cukup dengan
> menggeletakkan batang bambu atau pakai jeruk.

Bukannya tebu yah? Apa berarti aku salah dengar? Tunggu bulletin deh. Eh
iya, bulletin selanjutnya elektronik atau cetak seperti kemarin?

Gue cuman sebel sama satu hal. Itu tuh gerombolan perokok eksklusif yang
> cekikikan sendiri gak mau membaur sama yang lain. Mana bikin ruangan
> jadi berkabut, mata pedih, cewek-cewek cakep jadi pada sesak napas tuh!

Kan ada bagian yang berisi cowok-cowok yang tidak merokok :p

--
help thy brother, just or unjust