  From: eddypw
  To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
  Sent: Wednesday, March 14, 2007 10:57 AM
  Subject: [budaya_tionghua] Re: Panggilan 'Cina' dan 'Tionghoa'> Andreas
Mihardja

  Menarik sekali mengikuti paparan Anda, tapi ada bbrp hal yg ingin
  saya komentari.

  merupakan nama resmi bukan berasal dari kerajaan chin. Ini kerajaan
  kan adanya sewaktu 200-300 CE dan waktu itu mana ada orang Europa
  diAsia.. Sewaktu itu saya kira yg mengunjung keChina masih dapat
  dihitung dgn jari2 dan saya kira juga wakil2 dari Europa boleh
  dikata tidak ada.

  Kalau tak keliru menilai, tampaknya Anda berpandangan bahwa semua
  orang Eropa yg datang ke Asia haruslah dalam bentuk ekspansi naik
  kapal2 dan kemudian menjajah negara2 Asia. Tampak sekali Anda tidak
  mempertimbangkan adanya bandar2 dagang yg bukan hanya disinggahi
  oleh orang2 Nusantara, India, Persia, China, dan juga Eropa jauuuuhh
  sebelum ekspansi besar2an Eropa ke Asia. Selain itu harus Anda
  pertimbangkan juga adanya kontak dagang intensif antara China-Persia-
  Italia yang mana Persia-China dilakukan melalui jalur sutera. Di
  antara semua negara2 Eropa, agaknya Italia yg lebih dahulu mengenal
  apa itu China.

  nama middle kingdom diberikan nama Qing. Perkataan Qing dgn China
  tidak begitu berlainan dan kalau ditulis China utk bangsa Spain dan
  Portugal dan juga bangsa belanda kita akan baca CINA. Didalam bah
  espana biasanya nama2 negara diberikan ending "A" jadi Cin[Qing]
  jadi China. [silahkan perhatikan Espana, Italia, Germania, Columbia,
  Venezuela, Bolivia, Brasilia etc]Jikalau ini nama kemudian dibaca
  oleh orang ingeris perkataan China memang dibaca sebagai CAINA
  [Mungkin yg memakai istilah ini adalah Mateo Ricci]

  Matteo Ricci adalah orang Italia. Dan harus Anda perhatikan bahwa
  pada peta2 lama yg dibuat oleh orang2 Eropa, daratan Tiongkok dibagi
  atas 2 wilayah besar: utara disebut Cathay dan selatan disebut
  Sinae. Kata Sinae (Sinvs) pada waktu2 kemudian digunakan sebagai
  kata yang tak dapat berdiri sendiri dan terikat dengan kata lain yg
  mengikutinya. Dari penelusuran arsip2 atas tulisan surat2 Matteo
  Ricci, diketahui bahwa para Jesuit pada masa2 itu masih menulis
  surat dengan bahasa Latin. Menariknya, jika Tiongkok utara disebut
  Cathay yg berasal dari bhs Inggris lama, maka Sinae berasal dari
  bahasa Latin.

  Kublai Khan] dia masih memakai istilah Middle Kingdom dan saya kira
  Ming dynasty diluar China dikenal sebagai Middle Kingdom seperti
  sekarang istilah yg dipakai oleh penduduk China.[Perjalanan
  ChengHo] Sewktu jaman kerajaan Tang orang dari barat hanya
  mengenal middle kingdom

  Istilah Middle Kingdom? Benarkah? Bukankah "middle kingdom" berasal
  dari bhs Inggris yg sekarang kita gunakan? Mungkin yg Anda maksud
  adalah istilah lain yg artinya setara dg middle kingdom. Mohon jika
  Anda tahu, bisa memberitahukan kepada kami istilah apa yg dipakai.
  Karena Anda hanya menggunakan "middle kingdom - middle kingdom" tapi
  tanpa menjelaskan istilah apa yg digunakan saaat itu. Mohon
  diberikan pula referensi/rujukannya.