Tolong kasihkan encodingnya - sebab MS kadang2 tidak memberikan kemungkinan utk
melihatnya. Sampai kini tulisannya tidak dpt dibaca dan memakai kuci2 lain
membikin computer macet.
  Andreas

ardian_c <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Terimakasih atas undangan dari moderator untuk saya.

sebagai perkenalan, saya akan menuliskan sedikit pemikiran mengenai
DaoDe Jing bab 1.

第 一 ç«

遦quot; 可遦quot; 非常遦quot;
å ½å¯å ½éžå¸¸å ½
æ— åå¤©åœ° 之始
有名 万物之母

故 常 æ—
欲以观其妙
常有
欲以观其徼

æ&shy;¤ 两 者
同出而 异 名
同谦quot;之玄
玄 之 又玄
众妙 之门

Pada hakekatnya prinsip dasar bab 1 ini sesuai dengan asas ilmu
fisika yang mencoba menerangkan terjadinya alam semesta ini.
Hubble dan Lemaitre mencoba melukiskan terjadinya alam semesta
karena adanya ledakan big bang. Dalam DaoDe Jing hal ini disebut
sebagai YouMing atau nama.
Pra ledakan big bang adalah yang disebut WuMing.
WuMing adalah awal dari terciptanya langit dan bumi sedangkan
YouMing adalah bunda dari segala mahluk.

WuJi atau non materi bisa dikatakan adalah posisi dimana segala
sesuatunya adalah nol dan tidak memiliki kondisi yang bergerak.
Inilah yang kita sebut WuMing atau sebagai dasar pembentukan YouMing
atau TaiJi.
WuJi ini memiliki satu hal yaitu energi yang murni dan pure tidak
tercemar atau kita sebut adalah DaoQi.

YouMing atau Taiji atau bisa kita sebut materi BigBang adalah
kondisi materi dimana dalam ilmu fisika disebutkan adanya Quark yang
dianggap sebagai elemen dasar yang berpasangan yaitu up quark dan
down quark.
Dapat dikatakan Yin dan Yang telah ada dalam materi Big Bang itu.

Kedua hal itu muncul tidak terpisahkan dan merupakan dasar dari
pembentukan alam semesta ini yang mana para ahli fisika mulai
memahami. Materi dan non materi adalah suatu hal yang terikat dan
tidak terpisahkan dan bisa diberi nama apapun.

Kendalanya adalah mereka terikat kepada kata "materi" sehingga tidak
berpikiran "non materi".
Walau kemudian lahir anti matter sebagai lawan dari matter
tapi "anti matter" ini masih merupakan materi. Hal ini karena anti
matter dan matter masih dalam lingkup dualisme atau Yin Yang.

Dengan memahami materi dan non materi maka pintu untuk memahami
rahasia alam semesta ini terbuka.
Secara sederhana E=MC2 adalah hal yang bersifat materi tapi jika
M=E/C2 adalah hal yang bersifat non materi.
Karena dari sinilah alam semesta tercipta.
Pahami non materi atau Wu maka kita akan bisa menghayati lebih
mendalam rahasia alam semesta.

Dao yang dapat dijabarkan dan Ming yang dapat diuraikan dengan kata-
kata maka itu bukanlah Dao atau Ming sesungguhnya. Semua penjabaran
itu bagaikan jari menunjuk rembulan tapi tidak rembulan sesungguhnya.
Dengan perenungan mendalam kita bisa menghayati apa itu Dao dan Ming
tapi sulit diuraikan dengan kata-kata karena hal itu adalah
pengalaman spiritual yang sulit dilukiskan dengan kata-kata.
Semua perumpamaan mencoba menjabarkan tapi akhirnya tergantung kita
semua dalam menghayati apa itu Dao dan Ming.

hormat saya,

Xuan Tong

ngembat dari
http://groups.yahoo.com/group/taoisme_indonesia/message/2
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Hendri Irawan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> encoding: Big5
>
> Suplemen,
>
> ?ѤU?Ҫ????c?w?F
>
> ?G???L?ۥ͡Aø????A????gt; ???U?۶ɡA????۩M?A?e?ᬛ??C
>
> [EMAIL PROTECTED]
>
> ?Ұߥ??~?A?O?H???h?C
>
> Dao De Jing bab 2.
>
> Hormat saya,