----- Original Message -----
From: whampoa_1
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, April 18, 2007 8:53 AM
Subject: [budaya_tionghua] Mengenai royalty untuk menerbitkan cerita2 silat
Chin Yung(Jin Yong)

> kalao mau menerbitkan cerita2 silat karangan Jin Yong, Liang Yu Sheng,
> Gu Long dll, mesti menghubungi penerbit dimana yah?
> Setau saya markas perusahaan Jin Yong di Hongkong,
> tapi tidak tau lebih banyak tentang prosedur mendapatkan royalty
> untuk menerbitkannya dalam bahasa Indonesia.

Mau menerjemahkan karya Chin Yung, Liang Ie Shen dan Khu Lung dalam bahasa
Indonesia?
Karya Jin Yong yang jumlahnya belasan, sudah diterjemahkan semua. Yang
terakhir oleh Skalaras conggoan.
Karya Liang Ie Shen yang dua puluhan, tinggal satu yang belum diterjemahkan.
Karya Khu Lung yang banyak sekali (sulit menentukan berapa persisnya, karena
ada yang diterbitkan dengan menyebut sebagai karangan Khu Lung, padahal
semacam 'franchise', ditulis orang lain yang menyetor uang ke Khu Lung),
sekitar 70 % sudah diterjemahkan, dan ada satu pihak yang sedang
menyelesaikan 30 % sisanya.

Lain dari yang 3 orang itu siapa?
Kalau penulis jaman dulu punya, misalnya Wang Du Lu, sekitar 50 % karyanya
sudah diterjemahkan. Kalau Huanzhu Louzhu lebih sedikit, kurang tahu berapa
%-nya, karena saya tidak tahu berapa jumlah karya dia.
Kalau penulis baru, misalnya Wen Rui An, mungkin baru 10-an % karyanya yang
sudah diterjemahkan. Kalau Wang Yi belum ada, mungkin karena karyanya
terlalu panjang-panjang.
Kalau yang lebih baru lagi, misalnya Feng Ge dll., belum ada yang
diterjemahkan

Mengenai mendapatkan royalty?
Sebetulnya kita tidak mendapatkan royalty. Kita minta lisensi penerbitannya
ke mereka, dan mereka yang mendapatkan royalty-nya.
Ahlinya urusan ini adalah Tantono lookay.

Sudah pernah dimintakan hak penerbitan kepada manager Chin Yung dan Liang Ie
Shen, tetapi mereka menolak karena menganggap tiras di Indonesia terlalu
kecil, so why bother, katanya.
Memang tiras penerbitan buku di Indonesia yang hanya 1000-3000 per judul,
sangat insignificant untuk standard internasional.

Wasalam.

Kirim email ke