----- Original Message -----
From: [EMAIL PROTECTED]
To: [EMAIL PROTECTED]
Cc: HKSIS
Sent: Monday, 7 May, 2007 9:57
Subject: [komunitas-tionghoa] Re: Fw: peluncuran buku - PURNAMA DI BUKIT
LANGIT

Wah , undangan ini bagus sekali, sayang seribu sayang , sekarang saya udah
berada di Amerika, kalau engga pasti mau melihat....ini tempat adalah tempat
dimana saya dibesarkan...rumah saya dulu adalah Palmerah nomor 23, saya tau
persis rumah ini...memang daerah2 ini semua sdh hampir dibeli dgn
Kompas...rumah2 saudara2 saya juga dibeli dgn harga yg tinggi...karena
memang daerah2 ini rumahnya besar...kebanyakan adalah pengusaha bengkel
batik...
sayangnya . orang2 tua disini kurang memperhatikan pendidikan adalah
merupakan bagian utama utk masa depan...jadi kebanyakan begitu rumah2nya sdh
pada dijual,,,achir2nya duitnya pada habis...dan generasi2nya tidak sukses
lagi dan bahkan sdh ada yg menuju kearah kemiskinan....
Palmerah itu dulunya sebagian besar di miliki oleh Tuan Tanah yg bernama Han
Tjuan Lim.....Beliau ini cukup kaya....tanah2 didaerah Senayan sekarang
dulunya juga milik dia....kemudian diambil oleh pemerintah karena akan
dibangun tempat olehraga itu...Han Tjuan Lim  mempunyai satu anak , mungkin
sekarang juga sdh tidak engga ada lagi..krn sdh tua...tinggal di
Belanda...waktu ke Belanda membawa uang banyak sekali....karena memang anak
pewaris satu2nya....
di Palmerah ada satu orang yg bernama Tjoa An Tho....dia adalah mertua cici
saya....jago main Kung fu...saya sendiri tdk pernah melihat ;angsung kalau
dia lagi latihan kung Fu. ,, tapi menurut keterangan orang2 yg sdh tua
dulu...dia bisa jalan di atas tembok ...benar engganya....engga tau....tapi
yg jelas kalau ada pemain2 penjual obat jaman dulu si Encek2 yg sebelum jual
menunjukan keahlianya main kung fu..harus minta izin dulu sama dia......
pernah denganr engga Mat Item....jagoan didaerah rawabelong anak Betawi,
achirnya mati ditembak oleh tentara Belanda.....engga berani mengganggu Tjoa
An Tho ini....saya sendiri pernah mendengar ceriteranya langsung dr Cim Ke
saya ini....si Mat item itu memang brengsek...tapi dia engga berani
mengganggu orang2 Tionghoa di Palmerah.....Tjoa An Tho ini memang badannya
tegak dan tinggi besar.....sehat sekali...dan berani sekali..sempat saya
melihat ada orang Indonesia berkelahi...dia yg pisahkan....sekali pegang
kedua orang itu tangannya engga bisa terlepas....jadi dua2nya dipegang,
kemudian dua2nya dibawa kekantor polisi...mrk mencoba mau melepaskan diri
yah engga bisa terlepas, bahkan sempat teriak2 kerena sakitnya waktu
dipegang.....
sedikit sejarah utk daerah Palmerah...bye
bye