Rekan Pataharang, salam kenal !
  Ingin belajar Pat-kua, sumbernya adalah Kitab Yi (terjemahan Indonesia kitab
Yakking, terbitan MATAKIN). Kitab ini adalah kitab utama dari kitab Wu-jing.
Kitab sucinya agama Ru. Saya tidak tahu apakah anda telah membaca kitab-kitab
lain yang ringan bobotnya dalam ajaran Ru ? Kalau sudah, anda boleh dan akan
mampu mengerti apa sebenarnya ilmu tentang Pat-kua. Tetapi, sekiranya anda
belum memahami  buku-buku ajaran Ru sehingga terhayati sebagai agama, anda akan
sangat kesulitan. Walaupun sampai hafal diluar-kepalapun, maaf, rasanya masih
sulit mengerti.
  Apakah anda menguasai bahasa Tionghua kuno (wen-yan-wen)? Kalau menguasai,
anda sudah melangkah separo. Tetapi kalau tidak, anda sebaiknya mengikuti
kersus-kursus Yi-jing dulu. Di Jakarta sepertinya ada, tetapi saya kurang
jelas.
  Saya bukan ahkli Yi-jing, masih jauh !
  Salam dari Indarto.Tan