pat kwa sebenarnya adalah dari 2 kata yaitu ba dan gua.

Arti gua/kwa adalah gambaaran/bentuk yg dipaparkan didepan mata kita.
8 gambaran yg disimbolkan dengan garis/yao yin yan adalah gambaran
alam senmesta besar maupun alam semesta kecil menurut pandangan
filsafat Tiongkok.

Cuma org yg korban film aja yg anggap patkwa adalah ilmu sakti buat
ngeramal/fengshui jg buat ngusir setan.

Landasan utk belajar ba gua adalah belajar yi jing lebih dahulu.

Ardian

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Pataharang <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> bapak/ibu yth,
>
> saya lg mau mempelajari ilmu pat kwa
> apa ada yg punya referensi lengkap mengenai ini?
> link ke internet atau buku?
>
> atau ada yg mau memberi keterangan langsung
> membrief saya mengenai ilmu ini?
>
> terima kasih
>
> --
> Best regards,