Dalam bahasa Indonesia, apa beda uang dan duit?

Contoh tulisan di KOMPAS: Tak diberi uang, Ali pun dibacok.
KOMPAS tidak pernah menulis: Tak diberi duit, Ali pun dibacok.

Tapi, kalau dalam lisan sehari2, kita akan bertanya: Saya punya duit
1 juta.
Kita jarang ngomong ini: Saya punya uang 1 juta.

Jadi:
Uang adalah bahasa tulisan.
Duit adalah bahasa lisan.

Dalam Mandarin, ada huruf-huruf/kata-kata yang digolongkan sebagai
bahasa tulisan dan lisan.

Contoh:
kuai4 dan yuan2 = dolar
Dalam obrolan sehari2, kita boleh bilang 100 kuai4.
Tapi kalau dalam tulisan, misal brosur, iklan, menu, kita harus
menulis 100 yuan2. Kita ga boleh menulis 100 kuai4.

Contoh lain:

Tulisan di atas belum selesai. Mau tahu contoh2 lain?

Klik website di bawah, Anda akan langsung membaca lanjutannya: