Dh
Kalau yang nonton film Chow yun Fat terakhir dg Gong Li, sangat
jelas digambarkan dalam adegan di istana (ada orang berlari sambil
berteriak membaca puisi yang intinya mengatakan saat itu adalah -
misal Tikus berkuasa dst)
Jam di jaman itu sama seperti Shio dibagi berdasarkan Shio
Dimulai dari jam 23 - 01 dg jam Tikus, dan selanjutnya berurut tiap
2 jam (Kerbau, Harimau s.d Babi)
Dalam Ilmu Bazi hal ini juga diperhitungkan terhadap kepribadian dan
keberuntungan seseorang

Semoga membantu

Rgds
David Oei

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Akhmad Bukhari Saleh"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Di milis cersil ada yang tanya, kalau di kisah-kisah cersil
disebut
> kentongan kesatu, kentongan kedua, dst., itu sebetulnya jam berapa
sih?

> Saya jawab bahwa sepanjang tahu saya, kentongan kesatu adalah jam
> "soet-sie", yaitu waktu antara jam 19.00 s/d 21.00 (jam 7 s/d 9
malam).

> Selanjutnya, saya sebutkan bahwa nama-nama waktu-waktu Cina
> jaman doeloe adalah:
> - hay-sie (jam 21.00 s/d 23.00 malam)
> - tjhoe-sie (jam 23.00 s/d 01.00 tengah malam)
> [...]

Kirim email ke