Ini gua dapet info dr seorang agen study in Taiwan yang bisa dipercaya:

Menurutnya, petugas Kadin Taiwan juga tahu kok orang Indonesia ke sana
banyak yg bermotif kerja. Krn income di Taiwan cukup tinggi bagi
sebagian Chinese Indonesia.

Bagaimana pun, seseorang yang ke Taiwan punya 4 motif:
1. Sungguh2 ingin sekolah.
2. Sekolah 80% sambil kerja 20%.
3. Pengen tahu kehebatan Taiwan (mgkn krn sering nonton film2 Tw, F4?).
4. Mutlak pengen kerja (pake kedok visa sekolah).

Nah, Kadin Taiwan (yg interview orang Taiwan lgsg) juga ga bego dgn
situasi di atas. Biasanya orang yang bermotif nomor 4 langsung kebaca
dr penampilan luar.

Orang Kadin punya kriteria sendiri utk tahu seseorang punya motif
kerja/ga. Gue sebenarnya dikasih tahu agen ini kriteria apa yg membuat
visa seseorang ditolak, tapi ga enak kasih tau di sini. Tapi, yg pasti
seseorang itu bisa berubah. Walau dia di sini bertujuan murni sekolah,
tapi setelah sampe dan tinggal di Taiwan, dia mulai berubah jadi kerja.
Banyak yg begini. Sekali lagi, Kadin juga tahu hal ini.:)

Ada yang tertarik sekolah di China? Sekolah apa yg bagus?

Cath

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "aqiulee" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Teman2 sekalian, kalo pengen nyuri2 kerja parttime di Taiwan diam2
> aja, nanti visanya kaga keluar loh...
>
> maklum, di area bebas ini, petugas2 Kadin Taiwan siapa tau juga ikut
> baca

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ivanna Huang" <ivan3677@>

Kirim email ke