Oh iya betul, maksudnya Manchu.
Menurut saya, ini salah satu 'hair style' yang teraneh dalam
sejarah... di mana nggantengnya sih dahi plontos plus kunciran
gitu.. ;)
Tapi banyak 'citarasa fashion' di budaya lain yang juga ngga kalah
aneh sih, seperti
- 'plontos pinggir plus sanggul kecil' ala samurai Jepang,
- tentunya Indian Mohawk yang terus diikuti anak2 Punk Rock sampai
sekarang..

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kuncir adalah tata rambut bangsa Mancu, Saat bangsa mancuria
menguasai negeri Tiongkok dan mendirikan Dinasti Qing (kerajaan
terakhir), diapun memperlakukan tata rambut ini untuk seluruh rakyat
negeri. Jadi sebelum dinasti Qing, rakyat negeri Tiongkok yang
kebanyakan suku Han tidak ada yang berkuncir. Dinasti Yuan yang
diperintah orang Monggol pun tidak berkuncir.

> Memang orang sering salah menyamakan orang Mancu dng orang
Monggol, meski sama2 dari wilayah utara, mereka berbeda, letak asal
kerajaan Mancuria ada di timur laut (prop. Liaoning), dekat dng
Korea. Monggolia persis di utara, berbatasan dng Rusia.