Klarifikasi dari "Jokpin"

From: Putu Suksmanta aka Sudjoko Pinurbangun, Sydney, Australia
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

Pak Radityo dan Bung Saut,

Maaf, maaf. Memang yang menulis Manifesto yang menghebohkan Bung Saut itu bukan
Mas Joko Pinurbo.

Kuakui, penulis Manifesto "Orde Ayam Kampung" itu aku. Memang aku memakai nama
samaran, di dalam e-mail "Jokpin". Nama lengkapnya "Sudjoko Pinurbangun". Apa
salahnya seorang penulis memakai nama samaran? Pikirku. Mark Twain kan nama
samaran. Voltaire juga nama samaran.

Nama samaranku "Jokpin". Mengapa? He he, memang ingin dekat-dekat penyair
kesukaaanku, Joko Pinurbo, jujur saja. Tetapi "Jokpin" itu nama yang belum
dipakai juga oleh Joko Pinurbo sendiri. Jadi belum ada hak cipta yang
dilanggar, kan?

Namaku sendiri Putu Suksmanta. Bapakku Bali, ibuku Jawa keturunan Cina. Aku
menulis Manifesto itu iseng-iseng sebagai satire. Kulakukan ketika aku
berkunjung ke Jakarta liburan sampai di minggu yang lalu (sekarang aku bekerja
di Sydney).

Melihat ramainya tengkar di internet, termasuk yang disebabkan sajak Bung Saut
yang menyinggung rasa keagamaan beberapa orang Bali (bokapku juga termasuk),
aku tergerak menulis satire. Kan boleh menulis satire?

Aku pernah tinggal di Yogya dari tahun 2002-2005. Aku sebenarnya pernah pacaran
dengan cewek yang bercita-cita jadi sastrawan seperti Ayu Utami, dan aku ikut
belajar dan bergaul juga dikit-dikit. Aku pernah melihat Joko Pinurbo dua kali
dan Bung Saut tiga kali. Aku agak rikuh sama Mas Joko. Ia pendiam. Tetapi
sepertinya Bung Saut itu lucu. Bung Saut kan gendut, tidak tinggi, rambut
berkuncir, kulitnya terang.

Tetapi aku lihat hidup sebagai sastrawan cuma asyik seperti main-main,
sedangkan aku butuh duit karena mau kawin. Maka aku meneruskan yang sudah akan
jadi profesiku, setelah lulus sekolah pariwisata. Sekarang aku jadi asisten
chef di sebuah hotel di Sydney, dan kawin dengan wanita keturunan Vietnam (jadi
aku sama seperti Bung Saut, beristerikan wanita asing). Aku masih menulis
cerpen dan puisi, tetapi malu kuperlihatkan kalian!

Kembali kepada Manifesto itu. Sebuah satire kutulis. Apa salahnya menulis
satire? Pernah aku mau tahu dari mana kata "yahoo" dan setelah kucari ketemu
kata "yahoo" berasal dari ceritera Gulliver, dan kata Google, cerita itu
satire.

Maksudnya untuk banyol-banyolan. Maaf kalau sudah bikin Bung Saut marah.
Kusangka Bung Saut lucu dan suka humor. Ternyata tidak.

Maaf kepada Pak Radityo yang sudah dituduh dan dikata-katai akibat kelakuan
saya.

Putu Suksmanta.

C/O NORTH SHORE HOTEL SYDNEY
310 MILLER STREET
NORTH SYDNEY
NEW SOUTH WALES 2060
AUSTRALIA

_____________________________________

  ORDE AYAM KAMPUNG

  Pengantar:

Setelah mencermati gonjang-ganjing dunia sastra yang sangat tidak sehat
belakangan ini, kami para Sastrawan (dengan S kapital!) telah berkumpul di
Komunitas Rumah Lembah, berkongres sehari-semalam suntuk sampai ngantuk, dan
akhirnya sepakat mendukung "Manifesto Orde Ayam Kampung" yang telah dicetuskan
beberapa kawan sebelumnya (teks manifesto terlampir).

Adapun kami yang mendukung sepenuh jiwa adalah:
1. Sutarji Kagum Dirisendiri
2. Rudal Tanggung Anunya
3. Jonny Wariasihnyata
4. Ndoronya Rusa Herliany
5. Ngowoh Ngesti Pandowo
6. Golek Gong
7. Puyunghai Saifulah
8. Mbahmadun Y Herpanda
9. Pede Aje Diairi
10. Ringkih Gamparan Putra
11. Karunia Ependi
12. Wayang Sunarta

MANIFESTO ORDE AYAM KAMPUNG

1 -- Kami, para sastrawan yang bertandatangan ini, menyatakan mendukung paham
Sautisme, yaitu paham elitis yang membatasi hak-hak manusia untuk membaca
puisi. Bagi kami, seperti difirmankan oleh Imam kami, TIDAK SETIAP ORANG BERHAK
UNTUK "MEMBACA" PUISI.

2 – Kami percaya, dengan dasar Sautisme, PUISI KAMI AKAN KELIHATAN JELEKNYA
kalau dibaca banyak orang.

3 – Kami beriman kepada Sautisme, bahwa PUSAT DUNIA ADALAH TUK, sehingga
seluruh pikiran dan enerji kami arahkan ke TUK. Kami yakin bahwa bukan bakat
kami yang kurang, tetapi TUK-lah yang menyebabkan buruknya karya-karya kami.

4 -- Kami menolak campur tangan asing, meskipun kami membenarkan tindakan
MEMANFAATKAN TENAGA KERJA ASING di rumah tangga kami. Misalnya sebagai istri.

5 -- Kami percaya bahwa siapa saja KENALAN, KOLEGA dan KERABAT Goenawan Mohamad
pasti musuh kami.

Yogyakarta, 18 September 2007

Para penanda tangan:

(1) Sawut Situmorang
(2) Halim Harley Davidson
(3) Taik Kucing
(4) H. Hahaha
(5) Jembut bin Jembut
(6) Herr Bandel
(7) Diam-diam-Kagum-Tuk

_____________________________________

From: Saut Situmorang
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

hahahahha

Awas, hati-hati para pemilik email, terutama para seniman ternama yang sudah
ngetop seperti saya!

Ada gerakan memanipulasi nama dan alamat email orang. Itu pasti dilakukan oleh
Radityo, hanya untuk menghasut dan memecah belah para seniman Indonesia
khususnya.
Korban pertama adalah penyair Jogja, Joko Pinurbo (dikenal luas sebagai
"Jokpin").

Dalam sebuah manifesto yang pernah kita buat itu diparodikan sama dia dengan
mengatas namakan seniman Jogja. Padahal "parodi"nya norak, kampungan, sama
sekali tidak lucu dan tidak berpendidikan!

Nama Joko Pinurbo disebut-sebut, dengan alamat si pengirim berasal dari:

[EMAIL PROTECTED]

Saya sudah cek dengan penyair Joko Pinurbo dan ia membantah bahwa itu alamat
emailnya!

Orang bernama Radityo itu pasti psikopat. Yang ikut-ikutan Radityo itu pasti
penganut Radityoisme! Kerjanya cuma dusta dan fitnah!

hahahahha

From: Radityo Djadjoeri
E-mail: [EMAIL PROTECTED]

Waduh, maling teriak maling nih. Lae......... ....eh, Leak Saut ngawur berat!

Saya tidak kenal yang namanya Joko Pinurbo. Tapi sepertinya nama itu cukup
familiar, mungkin pernah baca dari koran. Soalnya aku langganan KR, walau
tinggal di Jakarta. Walau saya menyukai dunia seni, namun jarang bergaul dengan
para seniman. Maklum, dunianya lain.

Sepertinya Leak punya penyakit gampang curigaan sama orang lain deh...alias
paranoid..

e-mail: [EMAIL PROTECTED]
  blog: http://mediacare.blogspot.com