Sdr. P.K. Liem yang baik,

Trimakasih atas tulisan anda . Pendapat anda memang betul banyak
kumpulan-kumpulan dari berbagai asal tempat di tanah leluhur, dari provinsi
sampai kota bahkan desa seperti, Guangzhou, Hokkian, Hokjia, Mei-Xian
etc.etc. Yang saya tahu pimpinannya ialah generasi saya, banyak yang dulu
memimpin kumpulan asal mereka datang dari daratan Tiongkok. .

Kumpulan ini masih konservatif, besar-besaran, lebih banyak keuangannya mau
lebih kuasa. Ini sebetulnya sebagai reaksi selama tigapuluh tahun
ormas-ormas Tionghoa ditutup dan sekarang memakai kebebasan bahkan
berkelebihan (overreacted). Tetapi tujuannya sekarang ada kemajuan mereka
mau bersatu. Seperti yang saya lihat bantuan mereka pada rumah sakit
Tionghoa Ie Wan di Surabaya dan Rumah sakit Dr. Oen Solo.

Bagi generasi mudah, kebanyakan sudah tidak tahu lagi asal nenek moyang
mereka di Tiongkok daratan. Maka kita lihat"the here and now", jangan
melihat yang dulu, dan nikmatilah setiap hari, bahkan yang kecil-kecil
penting juga. Dengan demikian maka every day is a good day.

Salam bahagia

Han Hwie-Song