Salam hangat Bapak Liang,

Ada pertanyaan mengenai orang TeoChew dan HaiNan, apakah mereka asli
transmigrasi dari orang Hokkian saja? Walaupun ada persamaan dalam
dialeknya, tetapi ada juga perbedaan yang lumayan mencolok. Seperti
bahasa HaiNan. Setahu saya yang mirip dialek HaiNan itu dialek LeiZhou
atau orang LioChiu.

Transmigrasi orang Hokkian ke selatan itu sejak Dinasty apa? Kalau
suku asli MinNan sptnya pernah dengar ada karakteristik dari kuku jari
 kaki yg disebut "LAK KAK" atau "LIU CHIA" (CMIIW). Mohon informasi
yang lebih detail. Terima kasih.

JK

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, liang u <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sdr. Rockit,
> Istilah yang dipergunakan biasanya bukan suku, tapi kelompok
masyarakat minxi atau zuqun, sebab orang Hakka, Hokkian, Tiociu,
Konghu, Hokchnia, Hainan semua itu termasuk suku Han. Hanya kerena
daerah yang terlalu luas, jumlah yang sangat banyak, maka tiap tempat
menjadi bervariasi. Karena sukunya sama maka margapun sama, misalnya
orang si Li, ada Hakka, ada Hokkian, ada Konghu, ada Hokchnia, ada
Hainan dll. Hanya tempat tinggal utama yang bisa jelas dituliskan,
meskipun tetap ada daerah campuran.
> Pekerjaan juga demikian, dulu hampir semua petani, yang hidup dekat
pantai hampir semua nelayan, sekarang tentunya sudah bervariasi.
> Di Indonesia seperti saya pernah singgung, banyak orang Konghu
adalah tukang kayu, itu bukan dari sananya tukang kayu. Banyak yang
datang ke Indonesia tidak mempunyai kemampuan apa-apa, lalu ditolong
oleh orang sekelompok yang tukang kayu. Ia belajar menjadi tukang
kayu, kalau sudah mahir, biasanya dibantu modal dan dicarikan tempat
di tempat lain agar tidak bersaing, jadilah tukang kayu baru. Dengan
cara ini maka dulu orang Konghu kebanyakan adalah tukang kayu.
Sekarang tidak lagi.
> Sekedar penjelasan, bahwa tugas anda sulit dilaksanakan, karena
tidak menentu.
> Tempat asal kebanyakan dari tiga propinsi saja:
> Orang Hokkian dari propinsi Fujian selatan, karena itu disebut juga
Minnan.
> Orang Hokchnia dan Hokciu dari Fujian utara di sepanjang pantai.
> Orang Hinghua, dari Fujian tengah tepi pantai sekarang kota Putian.
> Orang Tiociu sebetulnya adalah orang Hokkian yang tinggal di bagian
Timur propinsi Guangdong terutama tepi pantai.
> Orang Hainan sebetulnya orang Hokkian yang bertransmigrasi ke pulau
Hainan.
> Orang Hakka atau Kheq menyebar di beberapa propinsi Fujian,
Guangdong, Hunan, Jiangxi, Guangxi dan Sichuan. Tapi yang banyak
berasal dari wilayah perbatasan propinsi Fujian Guangdong dan Jiangxi,
dengan Meixian sekarang disebut Meizhou sebagai pusat.