India punya 16 Bahasa Nasional (Hindi, Gujarat, Tamil, dst).. wakakak...
Bahasa Nasional... bukan bahasa suku.. dan semuanya ada representasinya
dalam uang cetak mereka.
Teman India saya (dengan bangga pula) bahkan bercerita ada salah satu
Perdana Menterinya yang terpaksa berpidato dalam bahasa Inggris karena tidak
bisa berbahasa Hindi yang merupakan bahasa dengan pengguna terbanyak.

Sumpah Pemuda tahun 1928 tidak memaksa 'berbahasa satu' tetapi "menjunjung
bahasa persatuan".

Bahasa sendiri tujuannya adalah mengungkapkan ide untuk dipahami orang lain.
Ada kesamaan makna di antara kata2 tiap bahasa tetapi ada juga keunggulan
pada masing-masing Bahasa. Bahasa Inggris yang merupakan bahasa
Internasional saja, hingga kini masih menyerap kata-kata dari bahasa lain
(seperti wiki dari bahasa hawaii).

Mengoreksi GSuryana (bukan mengoreksi sih.. cuma menambah catatan kecil),
tidak semua bahasa daerah hilang. Misalnya, Bahasa Parsi tidak hilang walau
'dijajah' Arab pada abad 7-8 Masehi. Mereka punya kebanggaan identitas dan
karena itu, walaupun kini hurufnya mengikuti huruf Arab tapi bahasa yang
digunakan Iran tetap Parsi sementara bahasa2 lain di dunia Arab (seperti
Aramaik, atau mungkin juga Mesir) perlahan mulai hilang.

Sementara, bahasa internasional ada yang hilang. Semua pasti ingat bahasa
Latin yang pernah menyebar luas di Eropa dari masa Romawi hingga
Renaissance. Sekarang, hanya beberapa orang yang benar-benar bisa berbahasa
latin. Namun seperti halnya Sansekerta (yang juga sudah punah), beberapa
katanya masih membekas dan diserap oleh bahasa-bahasa baru. (pelajaran:
bahasa yang lagi populer bukan berarti akan bertahan selamanya).

Orang Jawa sendiri,
walau mereka juga khawatir bahasa mereka punah,
diam-diam sering menyelipkan kosakata dan gaya bahasa mereka dalam
percakapan berbahasa Indonesia (dan sering meremehkan padanan melayu-nya,
seperti yang dilakukan ayahku :D )

Kalau khawatir,
coba aja selipkan satu-dua kata dalam percakapan normal.. Nanti kalau ada
yang tidak mengerti, kan pasti pada bertanya artinya.

--
help thy brother, just or unjust