Nggg kali ini sih gue setuju ama John Siswanto nih
(biarpun di sebelah biasanya kita banyakan gak sependapat,
krrrkkekekekek)

Kontroversi istilah cina dan tionghoa,
Apa yang bisa didiskusikan lagi? Mau diskusi apa mau debat apa mau
tawuran? Wakakakaakaka.

Didebatkan sih bisa, tapi debat nggak pernah bawa penyelesaian, biasanya
bawa ego sama emosi doank.
Apalagi debat secara tatap muka, apa sanggup menjamin nggak ada yang
punya kebiasaan 'nyelak' sewaktu orang bicara?
Memotong pembicaraan sebelum orang lain menyelesaikan kata-katanya?

Enaknya berargumen di milis/ tertulis itu biasanya lantaran orang nggak
bisa motong sebelum selesai sampai titik.
Di forum; biasanya nggak bisa seperti itu,
Ada aja tukang nyeletuk nggak enak atau tukang potong omongan orang,
makanya debat di forum biasanya lebih bikin tensi naik.
Harap-harap sih penyelenggara bisa antisipasi hal2 seperti itu  ya,
mengingat persoalan istilah biasanya bisa bikin orang napsu sampe
gebrak-gebrak meja, huehuehuehuehue.

Gue sih yakin yang berani nulis mestinya berani ngomong juga,
yang gue ga yakin,  moderatornya bisa nangani nggak,
( Lha debat tertulis aja sampe kelimpungan menghentikannya apalagi di
forum, krrrkkkkekekekekeke. )

Usul,
bikin debat panel aje, kayak cerdas cermat, masing-masing kubu ajukan 3
orang.
Jadi kalau orang pertama udah ngomong, lalu disanggah sama pihak lawan,
orang kedua bisa belain, sampai giliran orang ketiga.
Begitu orang ketiga selesai ngomong, udah ga ada kesempatan tambahan
lagi,
dan ga pake sesi tanya jawab, sebab biasanya sesi tanya jawab cuman jadi
ajang curhat doank, huehuehue,
mendingan adakan sesi curhat aja, masing-masing penonton dikasih 3 menit
untuk ngomong, jadi impas.
Dan penonton dilarang nyeletuk!
tapi penyelenggara apa sanggup ngumpulin 3 orang dari masing-masing
pendapat? hihihi.

Hanya untuk memuas-muaskan penasaran mengemukakan pendapat dan debat
terbuka dan penasaran nonton orang debat sih bole nih ha ha ha,
sebab urusan  beginian gue ragu bisa di diskusikan.
Yang dateng aje, dari rumah pasti udah bawa pendapatnya dan berniat
mempertahankan pendapat masing-masing lalu mau diskusikan apanya?

krrrrkkkkekkeke tapi menarik, neh menarik. Yang datang perlu di geledah
dulu nggak? Barangkali bawa telur atau tomat busuk? hihihihihihi.......