----- Original Message -----
From: Ray Indra
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, December 26, 2007 1:08 PM
Subject: [budaya_tionghua] Buku bagus soal Tionghoa zaman dahulu

> Baru ketemu buku2 menarik soal Indonesia/Batavia zaman dahulu,
> termasuk etnis Tionghoanya.
> Yang saya sudah beli: "Keadaan Jakarta Tempo Dulu, kenangan 1882-1959"
> tulisan Tio Tek Hong, penerbit Masup Jakarta.
> Bagus, walaupun jalan ceritanya tidak mulus, tapi bisa memberi wawasan
> pemikiran dan keadaan Tionghoa di tahun itu (misalnya Pasar Baru &
> Glodok zaman itu, situasi perempuan Tionghoa, soal tauchang, dll).

-----------------------

Iya, memang buku menarik.
Dan bagi saya mempunyai nilai nostalgic, karena kebetulan waktu kecil sering
ke tokonya, "Tio Tek Hong Batavia", untuk beli alat dan buku musik atau
peluru senapan angin.

Sayang penuturannya terlalu spontan, hanya dilihat dari pandangan
pribadinya, tidak melakukan perbandingan atas situasi sekelilingnya dulu,
sehingga cakupannya terkesan sempit.
Tetapi menurut saya itu bukan salah Tio Tek Hong, melainkan editor-nya.

Wasalam.

Kirim email ke