Wisdom of the week:

"Banyak orang yang beringinan punya usaha/bisnis sendiri namun takut memulai
karena merasa tak punya pengetahuan yang lengkap tentang bidang bisnis yang
bakal digeluti. Padahal sesungguhnya tidak perlu demikian. Kalau dibayangkan
dari awal, bisnis memang terkesan rumit dan komplek. Saya sendiri awalnya juga
nggak membayangkan bisa dan mampu seperti sekarang. Tetapi sebagai entrepreneur
kita memang dituntut untuk berani. Karena nanti sambil jalan kita pasti bisa
belajar. Saya dulu juga nggak ngerti bisnis komestik, soal farmasi, dll, dan
juga permesinan produksi, tak tahu sama sekali. Ketika masuk di bisnis
distribusi juga tak punya pengalaman. Demikian pula ketika masuk di industri
permen, tak punya ilmu soal permesinan produksi dan bagaimana membangun pabrik
dan sistim produksinya. Saya nggak tahu.

Tapi bisnis pada dasarnya merupakan sebuah proses yang akan berjalan dan
berkembang tahap demi tahap secara alami. Tidak bisa menunggu keadaan sempurna
dulu baru kemudian memulai. Memang, kadang kalau dibayangkan dari luar atau
ketika kita belum memasuki industri itu, kita merasa sepertinya pekerjaannya
begitu sulit dan kompleks. Padahal  kalau sudah masuk, sebenarnya nggak sulit
dan kita pun bisa belajar secara alamiah. Pasti, nanti sambil jalan biasanya
banyak perusahaan yang akan menawarkan jasanya kepada kita sembari mengajari.
Ini proses yang terjadi secara alami. Begitu kita masuk di sebuah industri maka
akan banyak orang yang menawarkan diri. Haru diingat, bagaimanapun orang lain
juga mau cari uang. Jadi misalnya kita butuh ini-itu, maka nggak usah kita cari
pun orang akan segera tahu dan pasti mendatangi kita. Contohnya soal kemasan,
perusahaan-perusahaan kemasan pasti akan mendatangi kita. Termasuk para
konsultan di bidang itu yang akan membantu kita".

(Wisdom ini saya ambil dari pernyataan Hary Sanusi, pengusaha muda yg sukses
dengan 2.500 karyawan yang punya bisnis consumer good, farmasi,
makanan-minuman. Nasehat-nasehat penting dan kiat-kiat sukses berbisnis dari
pengusaha ini selengkapnya bisa kawan2 baca di buku baru "10 Pengusaha Yang
Sukses Membangun Bisnis dari 0", disusun Sudarmadi dan diterbitkan Gramedia
Pustaka Utama).