emang kenyataannya begitu kok.

Liat aja ada org LPKB di Surabaya yg taon 60an terang2an nulis di
majalah Liberty soal getu.

Masak gak tau seh ?
Ataw pura2 gak tau ?
Ataw emang gak tau ?

Ini kenyataannya, lagian yg namanya others itu selalu serang
kepercayaan org laen secara alus tuh. Apalagi kepercayaan orang
tionghoa. Lagian kalu org mo percaya ama kwamia kek ape kek nape die
mesti repot2 bawa2 nama Tuhan segala macem ?
Biarin aja toh !!!!! Emangnye kalu dia gak percaya ama kwamia2an mesti
paksa pake cara alus biar org laen ikut kayak dia ? Emangnye die bisa
bantu org laen yg mo tanya ame tukang kwamia ? Org aje kalu kesulitan
pasti minta bantuan ame yg laen, mo yg keliatan kek, yg kagak kek.

Nah sekarang mulai keliatan kalu emang ada segelintir tenglang yg
jelas2 anti budaya tenglang en dia org itu nangkring di LPKB.

Duh betapa cepetnya dunia berubah en ngelupain kelakuan dia org.
Pinternya lage die org bikin Suharto jadi bempernya en die org
berlindung tenang en nyaman tuh.
Apalagi Sindhunata yg dapet bintang penghargaan dari pemerintah jaman
Habibie. Apa die org mo minta maaf ke tenglang2 yg jadi korban politik
dia org ?
Urusan pelarangan tulisan mandarin aje dibawa2 ke urusan RRT, lha
jaman sebelon kejadian G30S aje dah ada keinginan mo ngelarang tulisan
mandarin tuh. Trus jg mo ngelarang kegiatan2 budaya tenglang. Yg
semuanya itu nangkring di LPKB.

En faktanya emang pada jaman getu khan yg ikut2an ngehujat budaya
tenglang itu banyak, dari yg agamanya Kristen sampe yg Buddha
Theravada ala Thailand.
Yg kesian itu para tenglang penganut kepercayaan tradisinya tjoema
bisa diem ngelus dada ngedengerin aja diledekin dimana2.

INI FAKTA BOENK !!!!!
Sayangnya dia org gak bisa bikin data base yg canggih kayak org laen.
Emang ada bbrp yg bantu en ngedukung integrasi, tapi jg disisihkan
secara alus. Tau father Zhang di semarang ? Pendiri sekolah Theresiana
tuh. Itu father aja masih hormat ama Kong Zi en Kwan Kong. Gambarnya
aja dipasang dikamarnya. Berjuang ngebelain anak2 ex sekolah zhongwen
yg ditolak ataw dipersulit dibanyak tempat.

kondisi waktu itu lebih banyak yg ngehujat daripada yg simpati ama
berempati. Parahnya lage itu banyak dilakukan oleh para agamawan
hehehehehehehehehe. Artinye toleransi itoe tjoema dimulut doank. Kalu
Hok Im tong mah sama jg boenk, mana mau hormatin leluhurnye sendiri
semodel Kong Zi.

Malah gw belon lama dapet tulisan dari gak tau "agama" mana yg bawa2
nama Meng Zi ame Kong Zi tapi ujung2nye ngejatoin nama itu 2 org.
Entar kalu gw tulis agamanya ape, dianggepnye ngehina lage.
OPO TUMON ? Masak kalah ama kata Kong Zi yg bilang "SESAMA PENGANUT
JALAN SUCI DILARANG SALING MENGHUJAT".
Terus terang gw mulai geregetan ngeliat perilaku2 yg kadang nyebelin
dari umat agama laen. Mulutnye ngomonk toleransi tapi prakteknya
nendang2in agama laen. Nah ente termasuk yg mana ?
Termasuk pengikut kata2 Kong Zi ape termasuk yg nendangin agama2 laen ?
Emang pada jualan kecap kale ya.

Baca sono tulisan prof James Dananjaya en telaah pelan2 sambil ngopi
ataw ngeteh getu. Trus bandingin ama tulisan kamu yg awal2 itu yg
bicara GAK ADA DISKRIMINASI di universitas negri en so on. Dia aja
tadinye pendukung asimilasi tapi bisa berubah pikiran jadi pendukung
integrasi. Tulisannya itu termasuk tulisan yg jujur.

Urusan tulisan itu urusan pribadi ,bedain tulisan waktu nulis pribadi
sama tulisan yg bawa2 nama moderator.

Dahlah dah mo Xinnian. Xinnian Kuaile Wanshi Ruyi

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Jimmy Tanaya"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> Sdr Ardian, btw, pak Ong Khing Hiong (yg masuk feature "saya tidak
> merasa didiskriminasi") itu pengurus salah satu klenteng tertua di
> surabaya lho. Please note, saya tidak meragukan data bahwa ada
> klenteng yg dipaksa tutup. Tetapi yg saya ragukan adalah "semua
> klenteng mengalami hal tersebut". Diskriminasi memang ada, walau
> kadarnya mungkin berbeda2 antar tempat.

> Apalagi kalau tidak salah, sdr Ardian adalah salah satu anggota tim
> moderator bukan? Apakah maksud sdr Ardian, bahwa karena Sindhunata
> beragama XYZ, maka sindhunata berusaha 'menghabisi'
agama/kepercayaan ABC?