--- In [EMAIL PROTECTED], "perfect_harmony2000"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Sdr.Liquid,

--- In [EMAIL PROTECTED], "Liquid Yahoo"
<liquidha@> wrote:

>     Waktu Orde Lama, agama Kong Hu Cu diakui oleh Soekarno, sejak
jaman orde baru, kelenteng2 di berangus, minimal harus mengganti nama
menjadi "Vihara" (Katanya sih, saya sendiri tidak merasakan jaman itu).

>      Umat Taoism & Kong Hu Cu menjadi seperti "Anak kehilangan
Induk", situasi itu dimanfaatkan karena menjadi "Ladang" bagi agama lain.

>     Cerita ini dapat saya katakan sebagai HOAX karena:
>
> 1. Pek Jie / Ba Zi / Pa Che adalah "Ilmu Metafisika" yang dapat
dipelajari oleh semua orang tanpa harus menyembah / sembahyang, bahkan
jaman sekarang orang2 bule dari eropa & amerika mempelajari & bisa
dibilang mereka menjadi ahlinya. Hal ini tidak ada hubungannya dengan
Kwa Mia, tidak ada orang KwaMia mengerti metafisika ini karena sudah
beda aliran. Sama halnya dengan tusuk jarum / cen ciu / accupunture,
dulu di-hina2 oleh orang bule sebagai bagian mistic, tapi kemudian
mereka mempelajari diam2, sekarang mereka merubah nama menjadi
accupunkture bukan cen ciu & memasukan ilmu tusuk itu kedalam bisnis
kedokteran mereka.

Jaman dahulu mereka yang menjadi praktisi bazhi biasanya sembahyang
atau melakukan penghormatan kepada Guigu Zi atau juga zhushi atau guru
besar aliran mereka.
Jadi sembahyang itu adalah hal yang wajib bagi mereka untuk ingat
garis silsilahnya.
Demikian juga para sinshe yang sering mengunjungi Yaowang miao atau
juga menaruh altar Hua Tuo misalnya.

> 2. Kwa Mia adalah mistic, sama seperti agama lain, KwaMia menjual
PHU / HU, seperti agama lain menjual Minyak Suci, Air berkah, Jimat,
Susuk, dll.

Kwamia beasal dari bahasa Hokian yang artinya melihat nasib.
Jadi kwamia adalah sebutan dari orang Hokian.
Bukan juga berkaitan dengan mistik.

> 3. Simbol Binatang dalam shio hanya "Simbol", tidak ada hubungan
bahwa orang itu mempunyai sifat2 seperti binatang, terbukti banyak
orang baik di dunia ini. Manusia terlahir dengan kecocokan unsur yang
dibagi 5, lalu dibagi lagi 2 sehingga menjadi 10 yang dikatakan dalam
metafisika TiongHoa dikataknN "10 batang langit", hasil research jaman
dulu, dari kesepuluh unsur itu dibagi lagi menjadi "12 cabang bumi"
yang kemudian untuk mudah dimengerti memakai simbol binatang, padahal
aslinya adalah unsur kecocokan manusia.

10 ranting langit dan 12 ranting bumi bukan hasi pembagian.

Dan sebenarnya 12 ranting bumi itu adalah satuan waktu jaman dahulu.

Hormat saya,

Xuan Tong

> [...]
dibawah ini adalah daftarnya:

>     A. Air Yang = simbol Tikus.
>     B. Tanah Yin = simbol Kerbau.
>     C. Kayu Yang = simbol Macan.
>     D. Kayu Yin = simbol Kelinci.
>     E. Tanah Yang = simbol Naga.
>     F. Api Yin = simbol Ular.
>     G. Api Yang = simbol Kuda.
>     H. Tanah Yin = simbol Kambing.
>     I. Logam Yang = simbol Monyet.
>     J. Logam Yin = simbol Ayam.
>     K. Tanah Yang = simbol Anjing.
>     L. Air Yin = simbol Babi.
>
>     Dari situ juga tiap tahun ditambah unsur lagi sehingga semakin
banyak variasi. Intinya simbol2 binatang itu hanya untuk memudahkan
mengingatkan unsur2 itu saja, seperti rumus.

>     So, janganlah men-jelek2an kepercayaan orang lain demi
keuntungan agama sendiri, jadinya seperti "Pasar Malam Agama, menjual
Tuhan dalam bentuk agama"....

--- End forwarded message ---

Kirim email ke