kondisi tibet sebelum direbut tiongkok, direkam oleh pendaki gunung asing :

http://www.youtube.com/watch?v=0VRneGYpaXc

tidak ada tentara china waktu itu, tidak adapula perwakilan china waktu itu,
bagaimana bisa dikatakan tibet dikuasai China?
kalaupun  benar tibet pernah dikuasai Ming seperti halnya malaysia pernah
dikuasai oleh kerajaan sebelum Indonesia, bisa dikatakan malaysia juga milik
Indonesia? Ming bukan Republik rakyat china seperti halnya Indonesia bukan
majapahit atau sriwijaya.
disaat mongol mengadakan expansi , china dan tibet pernah bekerjasama
mempertahankan wilayahnya dengan status setara bukan membawahi satu dengan
lainnya.
Pertempuran diantara rakyat tibet dimasa lalu, sama halnya pernah terjadi
disemua tempat di sepanjang masa, hal ini tidak relevan untuk menguasai suatu
negara lain.
perbudakan ( kita harus hati hati dalam hal ini, karena kita tidak tahu
kebenarannya ) tidak bisa dilihat dari menaiki kuda dengan menginjak badan
orang lain...praktik seperti ini ada dimana saja di masa yang sama. ini pula
bukan fakta yang menghalalkan China untuk merebut Tibet.Namun di film itu kita
bisa melihat bagaimana China memperbudak orang orang tibet , anak anka memikul
batu.......film tersebut bukti hidup, sedang kata kata perbudakan ataupun
cerita cerita dari pemerintah komunis china merupakan kata kata dan cerita yang
saya ragukan kebenarannya.

[EMAIL PROTECTED] wrote:                             per-tama2, dari mana anda
tahu kondisi Tibet sebelum pemerintah Tiongkok
 menguasai? tahukah anda bhwa Tibet telah dibawah pemerintah tiongkok sejak
 dinasti Ming? tahukah anda bhw sebelum itu banyak pertempuran terjadi di
 Tibet, yang dilakukan sesama orang Tibet?

 Sebelum RRT pun, tibet bukan Surga, tahukah anda bahwa Tibet saat itu
 adalah salah satu wilayah yang mempraktekkan perbudakan? contoh yang
 paling baik adalah para bangsawan jika ingin naik kuda akan memakai badan
 budaknya sebagai tumpuan! inikah yang anda sebut surga?

 memang benar agamanya homogen, tapi tahukah sistem pemerintahan theokrasi
 ini mirip eropa di abad pertengahan? yang lebih gelap adalah sekongkolnya
 para pemuka agama dng paar tuan tanah sbg penyandang dana.

 dan tolong tunjukkan budaya dan kegiatan agama seperti apa yang dihambat
 di tibet? tak ada, kecuali sistem pemerintahan theokrasi dan sistem
 perbudakan yang dilarang comeback!

 mengenai kerusakan alam, ini adalah penyakit modernisasi yang melanda
 seluruh dunia, tak harus ditimpakan ke serbuan orang2 Han semata.

 ZFy