dear all,
ada pertanyaan yang selalu ada dibenak saya.
kalau situasinya di balik.
kita hidup di cina.
saya kebetulan cina kelahiran indonesia.
hidup di indonesia.
pernah merasakan hidup di cina dan usa.
ada beberapa orang indonesia dateng ke negara kita (dicina).
tidak bawa apa2.
hanya bawa celana kolor.
karena mereka rajin bekerja.
akhirnya sebagian besar dari mereka secara ekonomi jauh lebih kuat dari kita.
supir2 mereka (orang indonesia) sebagian besar adalah kita2 (cina2).
pembantu2 mereka sebagian besar orang2 kita.
karyawan2 rendah mereka adalah orang2 kita.

mendeskriminasikan mereka?
mengusir mereka?
atau kita akan baik2 saja dengan mereka?
hanya mengandai andai saja........

kalau kita makan di chinesse food restoran di jakarta.
hampir semua custemernya orang2 kita.
hampir semua pegawai rendah orang indonesia.
dari cuci piring, bersihin meja, bersihin lantai, jaga malam, satpam.
kira2 apa yang akan kita lakukan ya?

ma'af kalo postingnya mengganggu..

salam

Kirim email ke