Bung Ali,

Tidak ada yang salah. Saya cuma menambahkan sedikit data. Karena pada
umumnya banyak yang tahunya tulisan dimulai sejak jaman Shang. Itu
pengetahuan yang boleh dibilang sudah kadaluarsa, tentu saja bagi yang
mengikuti perkembangan penelitian sejarah dan arkeologi. Kalau di
buku-buku sejarah pelajaran saya yakin pasti masih ditulis tulisan itu
adanya baru sejak jaman Shang.

Hormat saya,

Yongde

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, ALIANTONY ALI
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ada yang salah?
>
>   Hendri Irawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>           Saudari Lim,
>
> Sebagai tambahan, menurut hasil penggalian dan penelitian arkeologi
> sebelum jaman Shang juga sudah ada tulisan. Ada yang bahkan berasal
> dari 7000 tahun sebelum penanggalan umum. Walaupun itu cuma
> bentuk-bentuk gambar / aksara sederhana.
>
> Kalau di buku itu dituliskan mengenai Shang mengawali masa sejarah
> adalah karena sebelum paruh abad kemarin, inilah kesimpulan para
> arkeolog barat. Sejak saat itu sudah semakin banyak
> [...]

Kirim email ke