Soal Pok Pue itu asal usulnya sama seperti Ciam Si. Kehadiran Pok Pue
itu sebenarnya untuk bertanya kepastian jawaban kepada para dewa. Pok
pue itu ngak hanya untuk ciam si tapi juga misal mau bersihkan altar,
mengangkat sajian, mengambil buah,  Dan juga bertanya secara simpel
seperti Ciam si. Kegunaan pok pue sebenarnya hampir sama dengan Ciam
si. Untuk mengetahui Ciam si anda bisa mencarinya di search engine.
Bedanya pok pue simpel dan sederhana.

Lambang atau simbol pokpue itu adalah :

Bagian terbuka dan bagian tertutup,  sama seperti koin memiliki 2
bagian, sisi muka dan sisi belakang. (gambarnya disini sih ngak bisa
ditampilin, maaf sebenarnya musti diterangin sama benda nya). yang
terdiri dari 2 buah seperti pisang yang dibelah dua (bentuk barangnya,
 seperti pisang dibelah dua sisi yang dipotong adalah sisi terbuka,
sementara sisi lengkung itu tertutup).

cara / Tradisi menggunakan pok pue :

1. Anda Diwajibkan Sembayang dahulu kepada Thian Atau Tuhan Yang Maha Esa.

2. Dilanjutkan sembayang kepada para dewa.

3. Setelah selesai sembayang baru anda bisa menggunakan pok pue.

4. untuk mengetahui pokpue saya beri keterangan dengan singkatan
SB = sisi terbuka, ST = Sisi Tertutup.

5. Anda bertanya dahulu pertanyaan yang anda tunjukan, Dalam tradisi
Ciamsi pok pue adalah alat digunaka terlebih dahulu sebelum bertanya
lebih lanjut seperti Ciam si (Ciam si memberi keterangan rinci, pok
pue tidak sifatnya sederhana).

Cth  Pertanyaan simpel misal "boleh ngak minta nasehat dari Ciamsi ?"

6. jawabanya anda bisa lihat dari pok pue (dalam artian):

SB Dan SB berarti Sang Dewa tidak mengerti pertanyaan anda minta
diperjelas.

ST dan ST Berarti Sang dewa menolak.

SB Dan ST adalah Sang dewa menerima.

Sekian dari penjelasan singkat dari saya.
Bagi yang tidak percaya saya harap tidak memberikan pernyataan negatif
berupa kepercayaan dari Agama tertentu dengan maksud timbul perdebatan
agama.

Terima kasih .

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ao4200000mj"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kepada rekan2 sekalian saya ingin bertanya tentang asal usul "Pok Pue"
> <--- Maaf kalau tulisan saya salah, Untuk lebih memperjelas adalah alat
> yang biasa nya ada di kelenteng2 dan digunakan untuk bertanya pada
> dewa. Yang biasa nya di lembar kan lalu jatuh ke tanah dan melambang
> kan suatu simbol. Terimakasih sebelumnya.

Kirim email ke