Sdr.Purnama,

seingat saya, saya pernah menuliskan singkat mengenai fengshui.
Dimana pada masyarakat purba Tiongkok memperhatikan posisi air dan
gunung sebagai cara mereka untuk selamat.

Kemudian kosmologi 5 arah atau yang sering menjadi kosmologi arah dan
warna 5 unsur merupakan pandangan masyarakat purba terhadap arah
matahari dan geograofis mereka.

Sebagai contoh, dibanyak kebudayaan, arah barat adalah arah kematian
karena berkaitan dengan terbenamnya matahari. Dan warna putih
merupakan simbol warna kematian atau duka cita bagi budaya Tiongkok,
jadi tidaklah aneh arah barat digambarkan dengan warna putih dan arah
terbitnya matahari digambarkan dengan warna hijau. Arah selatan
digambarkan merah karena geografis Tiongkok purba, ke arah selatan
adalah hangat atau panas dan arah utara adalah dingin. Tentunya hal
lainnya adalah 28 konstelasi bintang, konsep Jizi terhadap 5 unsur dan
lain sebagainya.

Ini baru gambaran sekilas, karena masih banyak penjelasan lainnya yang
berkaitan dengan kosmologi tersebut dan jika ditulis bisa menjadi satu
disertasi tersendiri.
Sama halnya yang dilakukan oleh orang Malaysia yang meneliti dan
mengkaji komentar Huxun terhadap Yijing saja sudah menjadi disertasi.
Saya sendiri baru mendapatkan copy disertasi dari Taiwan tentang
aliran fengshui Sanyuan.

Hormat saya,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Purnama Sucipto Gunawan"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Sudah cukup lama saya mendikusikan hal ini dengan seseorang Dosen dari
> Universitas Pelita Harapan,  Beliau sempat mengobrol sama saya
> mengenai feng shui dikaji dalam ilmu akademis yaitu arsitektur. Hal
> sangat menarik dari pembahasan beliau. yang sangat menarik adalah
> beliau sendiri mengadakan Riset bukan Skripsi (kalau skripsi ada
> tenggat waktunya) terhadap kaum babah atau dikenal Cina Benteng, dari
> segi pembahasan beliau terdapat pertanyaan kepada orang sekitar
> lingkungan Sewan Daerah tanggerang pemakaian feng shui dan ormanament
> Tiongkok.

> [...]

Kirim email ke