Teman-teman,

Karena sudah kepalang diumumkan oleh koh Ophoeng, saya kasih tau saja secara
resmi.

Saya sedang membuat database keluarga tionghoa berdasarkan silsilah-silsilah
yang saya kumpulkan. Hobby saya memang mengumpulkan silsilah keluarga tionghoa.
Sebenarnya awalnya tentu saja menelusuri silsilah keluarga, tetapi hobby yang
berkepanjangan itu akhirnya juga malah melacak silsilah yang bukan keluarga.
Karena setiap kali ditanya saya mesti buka buku dulu atau cari-cari di kertas
yang berserakan di  laci saya, saya ingin sekali memasukkan datanya kedalam
satu database.
Silsilah-silsilah yang saya kumpulkan itu masing-masing terkait satu sama lain
dengan hubungan perkawinan, jadi satu persatu saling mempunyai hubungan,
meskipun tidak semuanya merupakan saudara langsung.
Karena saya sendiri berasal dari kota Cirebon, maka silsilah yang saya
kumpulkan awalnya dari daerah sekitar Cirebon dan akhirnya merambat ke arah
timur sampai ke daerah Pekaloan dan tenggara sampai ke daerah Purworejo. Di
lain-lain daerah memang ada juga yang silsilahnya saya kumpulkan, tapi hanya
beberapa keluarga saja, misalnya daerah Kediri, Semarang, Bogor, Jakarta,
Tangerang, bahkan dari Bukit Tinggi dan Bengkulu.

Harapan saya, database ini dapat membantu mereka yang masih ingin menelusuri
silsilahnya tapi tidak tahu lagi harus kemana mesti bertanya karena yang
bertanya sudah tidak ada.

Anda dapat masuk ke site silsilah saya di http://www.haryono.net/familytree
Untuk pertama kalinya anda harus register dulu di
http://www.haryono.net/familytree/newacctform.php
Tuliskan kalau anda mendapat info ini dari milis Budaya Tionghoa, dan juga
kalau tidak berkeberatan menuliskan kota asal mana, sehingga saya dapat
membantu kalau diperlukan. Misalnya saja ada yang mendaftar dari kota Manado,
saya akan terus terang kalau tidak banyak orang tionghoa Manado di site
database silsilah saya tersebut.
Anda baru dapat masuk ke site saya setelah saya berikan approval. Maaf, ini
hanya semata-mata untuk melindungi data yang ada, karena saya tidak membuka
databasenya untuk umum. Hanya untuk tertarik dengan silsilah saja. Saya masih
agak trauma barangkali nantinya database saya di abused atau di salah gunakan.
Jadi setelah anda register, tunggulah sampai anda mendapatkan approval mail.

Kalau anda ada yang ingin share silsilahnya, you are very welcome.
Sampai hari ini sudah hampir 39.000 nama tercatat dari sekitar 70-an silsilah.
Daftar silsilah dapat anda temui di bagian 'what's new' (tentunya setelah anda
mendaftar dan mendapatkan approval).
Tentu saja database silsilah saya banyak diketemukan kesalahan-kesalahan. Baik
itu karena yang menulis asalnya juga hanya mendapat data dari hasil pendengaran
saja, sehingga ditulis sesuai dengan bunyinya. Maupun karena saya yang salah
membaca sehubungan tulisan yang tidak jelas (kabur, kecil-kecil dll.)
Karena jika ada yang dapat memberitahukan yang mana yang salah, tentu akan saya
terima dengan baik.

Salam,
Steve Haryono

Kirim email ke