Sdr.semua,

saya bukanlah pakar seperti anda semua, tapi ijinkanlah saya memberi
komenter sedikit.

Fan gan 幡杆  atau fan xuan 幡轩, yang dalam bahasa
Indonesia disebut
tiang bendera merupakan salah satu kompenen penting bagi bangunan
tempat ibadah yang memiliki ciri Taoism atau juga tempat ibadah yang
dimiliki oleh para Taoist. Terutama pada dinasti Ming dan Qing,
rata-rata tempat ibadah Tao memiliki tiang bendera.

Tapi ini juga tidak mutlak, karena seingat saya, vihara ZhenHai di
gunung Wu Tai juga memiliki tiang bendera ini. Dan banyak vihara jaman
dahulu menggunakan tiang bendera sebagai pertanda kegiatan di vihara
tersebut.

Jika kuil Tao menggunakan tiang bendera karena banyak upacara mereka
yang menggunakan macam-macam bendera sesuai dengan upacara ritual atau
zaijiao 斋醮 yang dilakukan.

Jika kita lihat upacara penyebrangan roh pada bulan tujuh Imlek,
rata-rata bendera yang dinaikkan adalah bendera pemanggil roh atau
yang disebut juga zhao hun fan 招魂幡. Dan ini digunakan baik
oleh
Buddha Mahayana Tiongkok maupun Taoism.

Selain untuk itu, di Tian Hou gong Tianjin, pada jaman dahulu tiang
benderanya dipasang lentera sebagai penanda arah bagi para pelaut.

Sebenarnya jika kita ingat cerita Xiyou ji atau Sun Gokong, ada cerita
dimana Sun Gokong mengadu ilmu perubahan dengan Erlang Shen, dan
diantara cerita itu, Sun Gokong mengubah dirinya menjadi kelenteng dan
ekornya menjadi tiang bendera. Ada yang ingat ?

Jika di kelenteng Tian Hou untuk mengenang Lin Moniang ada tiang
bendera, hal ini bukanlah hal yang aneh, karena Lin Moniang atau Mazhu
diangkat menjadi salah satu dewa utama Taoism.

Sayangnya saya tidak mendapat photo yang didiskusikan oleh anda semua,
sehingga tidak berkomentar lebih jauh. Tapi menilik salah satu pakem
kuil Tao ada kemungkinan kelenteng yang di Surabaya memiliki tiang
bendera, ada kemungkinan bahan tiang bendera tersebut diambil dari
tiang kapal.

Tapi tidak ada salahnya kita harus mengingat bahwa tiang bendera dan
bendera merupakan salah satu kompenen pula di banyak bangunan militer
dan kerajaan. Semacam kode isyarat atau lambang yang bisa dilihat
banyak orang.

Hormat saya,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, eddy witanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kalau tidak salah tiang2 ini ada di klenteng2 dimana ada Mak Co
(Mazu) di situ, baik yg sebagai tuan rumah utama ataupun pendamping.
Kalau memang iya, berarti ada keterkaitan antara Mak Co dg tiang2 itu.
> [...]
>     Posted by: "[EMAIL PROTECTED]" [EMAIL PROTECTED]
>     Date: Thu Jul 3, 2008 7:19 pm ((PDT))
>
> BUng David,
>
> Ini ada contoh kelenteng di Lasem dan Jakarta.Kalau melihat bentuknya
> maka saya sepakat kalau itu tiang bendera.
> Bagaimana pendapat anda?
>
> salam
>
> loek's

> 6b. Re: foto kelenteng Hok An Kiong
>     Posted by: "David Kwa" [EMAIL PROTECTED] david_kwa2003
>     Date: Fri Jul 4, 2008 3:09 am ((PDT))
>
> Pak Loek,
>
> Tampaknya itu memang tiang bendera. Bentuk keduanya mirip,
perhatikan ada tauw (= gantang) di tengahnya, yang ditancapi
bendera-bendera segitiga kecil. Yang di Kim Tek Ie Jakarta saya lihat
masih ada, sedangkan yang di Tjoe An Kiong Lasem, seingat saya waktu
ke sana tahun 2005, sudah tidak ada. Sayang juga ya kalau hilang...

> Kiongchiu,
> DK

Kirim email ke