From: liang u <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Arti Nama Tionghoa
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Monday, July 14, 2008, 3:31 AM

            Sdr. Denny,

1. Nama Tionghoa baru ketahuan artinya kalau anda tulis dalam huruf Tionghoa,
karena arti dilihat dari hurufnya. Tanpa huruf sulit diinterpretasikan.

2. Nama Tionghoa terdiri dari dua suku atau tiga suku atau empat suku. Kalau
dua suku, satu xing (marga) dan satu nama. Kalau tiga suku, bisa satu xing dan
dua nama, atau dua xing dan satu nama, kalau empat suku, pasti dua xing dan dua
suku.

3. Nama yang anda tanya empat suku dan terpisah semua, tak mungkin ada. Dalam
peraturan hanyu pinyin, ejaan resmi dalam Mandarin, xing atau marga harus
digabung dan nama harus digabung.  Jadi kalau yang anda tulis benar mungkin
yang dimaksud adalah Sifu Jiaren. Tapi tak ada marga Sifu, apa bukan Situ? Juga
tak ada kata cia, apa mungkin jia, jadi Jiaren? Jadi lengkapnya Situ Jiaren.
Situ adalah marga, tak ada artinya tapi ada asal usulnya. Jiaren adalah dua
huruf, artinya tergantung dari hurufnya. Jadi tanpa menuliskan hurufnya tak
akan ada yang bisa menjawab. Jia mungkin saja jia keluarga, ren mungkin ren
dari arif, bijak.
Jadi Jiaren adalah kearifan  keluarga 家仁。Lengkapnya Situ Jiaren 司徒家仁。 Tapi ini
kira-kira loh, bisa salah, ini hanya merupakan tebakan yang paling mungkin.

Salam
Liang U