Kembali keakar pembahasan. Mengenai gratifikasi semangka merah dan hubungan
dengan Giam Lo Ong sudah melenceng dari cerita aslinya. Legenda ini ini
berasal dari cerita kaisa bijaksana Lie Sie Bin di jaman Dinasti Tang (?).
Sebagai kaisar adalah juga Tian Cu ( Putra Surga = Putra Langit = Putra
Tuhan ). Dengan kedudukan dan kebijaksaanaannya, salah satu raja penjaga
alam bawah yaitu Giam Lo Ong mengundang sang kaisar bertandang ke alam bawah
untuk melihat-lihat. Tentunya kondisi demikian menyebabkan jasad kaisar
bagaikan mati = comma, dan batinnya melanglang ke alam bawah. Dalam
perjalanan kaisar, Giam Lo Ong menceritakn berbagai proses pengadilan dan
hukuman siksaan dari para pendosa setelah meninggal dunia. Cerita ttg ini
tertulis dalam kitab kuno Giok Lek (gambaran ttg ini terlukis di sebuah
kelenteng di Tegal dalam bentuk lukisan dinding dengan tinta cina - menarik
untuk di lihat).

Dalam kesempatan lain sang kaisar bertemu dengan para keluarga dan bangsawan
denga kondisi yang menderita karena selam hidup mereaka tidak berbuat
kebajikan dan tidak suka berdana / berderma. Beliau juga bertemu dengan
seorang rakyat jelata dari negerinya yang miskin tetapi dalam alam akhirat
hidup dalam istana dan berlimpah harta. Giam Lo Ong menceritakan bahwa org
tersebut selama hidupnya amat berbakti dan senang berderma walaupun sangat
miskin. Selain itu setiap kali melakukan persembahyangan orang tersebut
selalu mempersembahkan sajian berupa kertas dan lalu dibakar, yang dialam
akhirat menjadi harta kekayaan sebagai imbalannya. Jadi intinya haru banyak
berbuat kebajikan baru ada hasil dar segala yang diperbuat di dunia.

Setelah puas berjalan-jalan seharian, sang kaiasar mohon pamit kembali ke
dunia. Sebagai sopan santun Kaisar Lie Sie Bin bertanya hadiah apa yang
diinginkan Giam Lo Ong bila sang kaisar kembali di suatu saat nanti. Giam Lo
Ong berkata bahw dia tidak perlu apapun karena berbagai harta dan mustika
ada di alam bawah. Tetapi Giam Lo Ong berkata bahwa ia mendengar ada sejenis
buah yang tumbuh di gurun pasir di sebelh barat kekaisaran yang diinginkan -
yaitu semangka / Xie Gua (buah labuh dari barat). Setelah pamitan kaisar
kembali dan batinnya kembali memasuki jasadnya. Beliau siuman ternyataa,
beliau telah comma selama satu tahun ( 1hari alam bawah = 1 tahun waktu
dunia ). Setelah siuman beliau menceritakan pengallamannya kepada segenap
bangsawan dan keluarga kaisar. Lalu beliau menitahkan 3 hal yaitu menulis
kitab ttg hukuman siksa neraka dalam kitab Giok Lek, memerintahkan seluruh
manusia untuk berbuat kebajikan dan banyak berdana serta selalu membuat
sajian persembahyangan dalam bentuk kertas untuk di bakar. Titah ke-3
memerintah semua rakyatnya yang akan menghadap Giam Lo Ong untuk membawa
semangka dan dipersembahkan kepada Giam Lo Ong sebagai oleh-oleh Kaisar Lie
Sie Bin kepada Giam Lo Ong. Ini lah awal tradisi pembakaran kertas dan
membawa semangka pada jasad orang meninggal.

Kisah ini sangat berkembang dikalangan suku Hokkian. Oleh sebab itu orang
Hokkian selalu menyebut diri mereka Teng Lang ( Tang Ren ) atau orang bangsa
Tang.

Semoga berguna. Legenda ini banyak manfaatnya bila dibaca dan dimengerti
dengan benar. Jadi masalah gratifikasi dan korupsi tetek bengek yang
dikaitkan kpd orang Tionghoa dalam kaitannya dengan tradisi sogok-menyogok
dengan membakar uang-uangan dan memberi semangka adalah tidak benar sama
sekali.

Semoga ketidak tahuan ttg ini bisa berkurang dan kita semua menjadi lebih
bijaksana.

Kirim email ke