----- Original Message -----
From: GATOT SUCIPTO
Sent: Friday, 08 August, 2008 12:12

      Dear All,

      Hari Minggu kemarin, 6 April 2008, aku ada acara di RS St. Carolus, dan
sebagai bagian dari acara itu ada talk show mengenai "Inisiasi Menyusui Dini"

      Dan aku belajar banget dari talk show ini .. Mohon maaf kalau cerita ini
tidak berkenan, karena menurut aku ini penting dan perlu disharing, maaf kalau
ada yang berpandangan kalau ini cerita tabu.

      Apa sih Inisiasi Menyusui Dini ??

      Ini merupakan proses membiarkan bayi menyusu sendiri segera setelah
lahiran.

      Ternyata selama bertahun-tahun, kita bener-bener merupakan kodrat dan
anugrah dari Tuhan yang sudah disusun untuk kita.

      Kata dokter yang kemaren berbicara, dia mengatakan, di luar sudah sadar
hal ini sejak 1987 tp di Indonesia baru sadar thn 2006. Lebih baik baru tahu
daripada tidak sama sekali.

      Si Dokter menceritakan bagaimana proses inisiasi menyusui dini ternyata
merupakan proses alami yang seharusnya dilakukan setelah seorang ibu melahirkan
bayinya. Dia menceritakan dan bahkan memutarkan video yang dia buat terhadap
cucunya sendiri dan juga seorang bayi lainnya. Dia bercerita, bahwa ternyata
ada beberapa hal yang akan terjadi selama proses ini, dan ini juga tergambar
dalam video yang
      diputar.

      Jadi si Dokter ini menjelaskan bahwa pada saat proses Inisiasi Menyusui
Dini akan terjadi tahap2 spt ini (berdasarkan penelitian Ilmiah):

      1.. Sesaat setelah lahiran sehabis ari-ari dipotong, bayi langsung
diletakan di dada si ibu tanpa membersihkan si bayi kecuali tangannya, kulit
ketemu kulit. Ternyata suhu badan ibu yang habis melahirkan 1 derajat lebih
tinggi. Namun jika si bayi itu kedinginan, otomatis suhu badan si ibu jadi naik
2 derajat, dan jika si bayi kepanasan, suhu badan ibu akan turun 1 derajat.
Jadi Tuhan sudah mengatur bahwa si ibu yang akan membawa si bayi beradaptasi
dengan kehidupan barunya. Setelah diletakkan di dada si ibu, biasanya si bayi
hanya akan diam selama 20-30 menit, dan ternyata hal ini terjadi karena si bayi
sedang menetralisir keadaannya setelah trauma melahirkan.

      2.. Gerakan kedua yang terjadi yaitu, setelah si bayi merasa lebih
tenang, maka secara otomatis kaki si bayi akan mulai bergerak-gerak spt hendak
merangkak. Ternyata gerakan ini pun bukanlah gerakan tanpa makna karena
ternyata kaki si bayi itu pasti hanya akan menginjak2 perut ibunya di atas
rahim. Gerakan ini bertujuan untuk menghentikan pendarahan si ibu. Lama dari
proses ini tergantung dari si bayi. Untuk gerakan ini, ternyata si dokter punya
pengalaman. Pernah ada dukun beranak melakukan proses melahirkan, dan ternyata
si ibu mengalami pendarahan hebat. Pada saat itu si dukun meletakkan anaknya di
dada si ibu, dan anak tersebut menggerak-gerakkan kakinya memasage perut ibunya
bahkan lebih dari satu jam, sampai pendarahan si ibu berhenti.

      3.. Setelah melakukan gerakan di kakinya, si bayi akan melanjutkan dengan
mencium tangannya, ternyata bau tangan si bayi sama dengan bau air ketuban. Dan
ternyata wilayah sekitar putiing si ibu itu juga memiliki bau yang sama, jadi
dengan mencium bau tangannya, si bayi membantu si bayi untuk mengarahkan kemana
dia akan bergerak. Dia akan mulai bergerak mendekati puting ibu denga ketika
sudah mendekati puting si ibu, si bayi itu akan menjilat2 dada si ibu. Ternyata
jilatan ini berfungsi utk membersihkan dada si ibu dari bakteri2 jahat dan
begitu masuk ke tubuh si bayi akan diubah menjadi bakteri2 yang baik dalam
tubuhnya. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi karena hanya si
bayi yang tau seberapa banyak dia harus membersihkan dada si ibu.

      4.. Setelah itu, si bayi akan mulai meremas-remas puting susu si ibu yang
bertujuan untuk merangsang supaya air susu si ibu segera berproduksi dan bisa
keluar. Lamanya kegiatan ini juga tergantung dari si bayi itu

      5.. Terakhir baru mulailah si bayi itu menyusu.

      Mendengar cerita si Dokter ditambah dengan video yang diputarnya, aku
ngerasa Amazing... Tuhan memang maha sempurna. Dia sudah menciptakan siklus
kehidupan yang begitu indah, namun ternyata diputus oleh manusia selama
bertahun-tahun lamanya. Ternyata, walaupun waktu aku melahirkan ada
inisialisasi menyusui dini, ternyata langkahnya belum sempurna, karena waktu
itu bayi ku cuma melakukan sampai tahap ke 3, yaitu menjilat2 sekitar dada aku.

      Si Dokter benar-benar menyarankan audience jika suatu saat akan memiliki
anak, untuk meminta kepada rumah sakit yang akan membantu kelahiran supaya
diperbolehkan melakukan inisiasi menyusui dini ini minimal 1 jam, karena kelima
proses di atas ini bisa berlangsung sekitar 1-2 jam. Beliau juga mengatakan
tidak semua RS berani melakukan ini, dan kita sebagai orang tua harus berani
meminta ini dilakukan karena ternyata hal ini merupakan siklus kehidupan yang
selama ini tidak kita sadari sudah kita putus.

      Si Dokter juga mengatakan, bahwa dengan melakukan hal ini, akan membantu
meningkatkan daya tahan tubuh si bayi terhadap penyakit2, kanker syaraf,
leukimia, dan beberapa penyakit2 lainnya. Dikatakan juga menekan angka kematian
bayi baru melahirkan sebesar 22%.

      Makanya dia benar2 mempromosikan hal ini kepada semua calon ortu.

      Beliau juga mengatakan, sebuah rumah sakit yang benar-benar mendukung ibu
dan anak, maka tidak akan menyediakan ruangan khusus bayi, karena dia
mengatakan bahwa dengan memisahkan si ibu dengan si bayi ternyata daya tahan
tubuh si bayi akan drop sampai 25%.

      Jadi seharusnya tempat bayi adalah di sisi si ibu, 24 jam penuh. Jika ada
tindakan memisahkan si ibu dari bayi, maka menurutnya itu adalah tiindakan
kriminal. Dan ternyata sebagai RS yang sudah melakukan hal ini, RS Carolus
sudah melakukan hal ini (bukan promosi). Tidak ada ruang khusus bayi di Rumah
Sakit. Karena ketika si ibu bersama dengan si bayi, daya tahan si bayi akan
dalam kondisi prima, dan si ibu bisa melakukan proteksi terhadap si bayi jika
memang perlu. Bahkan di RS Carolus tidak ada waktu utk show bayi, karena letak
bayi adalah di sisi si ibu. Si dokter mengatakan 95% bayi menangis bukan karena
kelaparan, tapi karena dia dipisahkan dari ibunya. Karena berdasarkan
penelitian, seorang bayi yang baru lahir, dibekali dari rahim ibunya utk
bertahan selama 2-3 hari tanpa makanan. Jadi jangan pernah minta diberikan susu
formula untuk si bayi, walau air susu ibu belum keluar.

      Aku benar-benar terpukau denger cerita ini. N ini benar-benar pengalaman
baru buat aku, dan benar-benar menambah pengalaman utk masa depan aku. N aku
juga sempet ngerasa berdosa banget ama anakku, karena walau aku sering minta
anakku di bawa ke ruangan, ada jam2 tertentu di mana bayiku aku letakkan di
ruang bayi. Maaf ya anakku ..

      So buat temen-temen yang memang mau mempunyai anak, cucu ataupun
keponakan, sharing ini semoga bisa menambah wawasan, dan bisa membantu kita
mencari yang terbaik buat anak-anak kita.

      N tolong disharingkan ke orang-orang lainnya, sehingga makin banyak orang
yang tau mengenai hal ini. Karena ini adalah keajaiban. Setidaknya buat aku.

      Salam hangat selal

      Regards,
      Oki Fithra Nugraha

      PT Bayer Indonesia
      Mid Plaza 1, Jl. Jend. Sudirman Kav. 10-11
      Jakarta 10220 , Indonesia
      Tel: (62) (21) 570 3661 Ext 1477
      Fax:
      email: oki.fithranugraha@ bayerhealthcare. com