Zhou xiong,

Li Bai sendiri merupakan orang yang termasuk kuno, bicara kerinduan
jadi teringat bait pertama dari syair Zhang JiuLing 张九龄
yang sama
kunonya dengan Li Bai.
海上生明月,天涯共此时

Biar bagaimanapun masing-masing orang memiliki kesukaan masing-masing.
Dan kita dapat mengekspresikan diri kita melalui hobby kita masing-masing.
Ini yang perlu kita hargai.

Dan tanpa adanya perayaan bulan dari jaman kuno seperti tertulis dalam
kitab Li Ji, mana mungkin ada festival bulan yang salah satu tujuannya
adalah mengenang kampung halaman.

Kebiasaan reuni keluarga dalam festival orang Tionghoa tidak hanya
pada saat perayaan Zhong Qiu saja.

Hormat saya,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Fy Zhou <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Duh, kok repot2 amat melihat sejarah kuno ... Yang penting, di zaman
sekarang apa makna festifal Tiongjiu/Zhongqiu bagi orang Tionghoa?
> Bagi masyarakat Tionghoa, perayaan Zhongqiu adalah merayakan
purnanya rembulan, rembulan yang bulat sempurna menjadi simbol harapan
akan "berkumpul dan bersatunya keluarga", yang dalam bhs mandarin
disebut  Tuan Yuan , Yuan disini adalah Bulat! sama dengan bulatnya
bulan purnama. hari raya tengah musim gugur inilah menjadi kesempatan
reuni dng keluarga, tak ada yang lebih penting dari ini!
> Makna inilah yang telah merasuk ke dalam pikiran dan hati orang
Tionghoa. kehadiran bulan  purnama akan selalu membuat para perantau
rindu rumah , maka sebuah puisi sederhana dari Li Bai dari zaman Tang
pun bisa menjadi puisi favorit para Hoakiauw di seluruh dunia:
> Sinar purnama di depan pembaringan,
> embunkah yang membeku di pelataran?
> Tengadah menatap bulan purnama,
> tertunduk mengingat kampung halaman.
> Di sini sudah terlihat jelas, yang ada hanyalah hubungan rembulan
dan kampung halaman, tak ada yang ber pusing2 lagi dng hadirnya dewa
dewi ataupun legenda2. tak ada lagi hubungannya dng kepercayaan2 dan
agama2.
> ZFy

day Dharmajala 13 September 2008: [pene

> [...]
> Dao ---- INI PERAYAAN ADALAH PERAYAAN PANEN dan biasanya dirayakan
> jikalau ada rembulan sebab hanya kalau ada rembulan didesa2 sewaktu
> malam keadaan tidak gelap gurita. [no listrik] Perayaan panen
> dilakukan diseluruh dunia dan tidak ada hubungannya dgn agama -
> sebaliknya agama ingin menyalah gunakan perayaan ini dgn ritual agama.
> Jadi kalau aliran Budha ingin merayakannya tidak salah - saya kira
> juga para petanin yg beragama islam jikalau panan masuk mereka juga
> melakukan sedekahan atau kenduren utk merayakannya.

kalo ada